Jelang Pemilu 2024, Sebanyak 44 Desa di Bandung Barat Masih Blank Spot

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:32 WIB
KPU mencatat sebanyak 44 desa di Kabupaten Bandung Barat (KBB) masuk kategori blank spot atau daerah belum teraliri jaringan internet. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
KPU mencatat sebanyak 44 desa di Kabupaten Bandung Barat (KBB) masuk kategori blank spot atau daerah belum teraliri jaringan internet. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat sebanyak 44 desa di Kabupaten Bandung Barat (KBB) masuk kategori blank spot atau daerah belum teraliri jaringan internet.

Padahal, ketersediaan jaringan internet sangat diperlukan pada saat pelaksanaan dan tahapan Pemilu Serentak, pada bulan November 2024.

Oleh karena itu, KPU mendorong Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) KBB segera membangun infrastruktur internet di 44 desa tersebut.

"Kita sudah melakukan koordinasi dengan Diskominfotik tentang 44 desa yang blank spot. Alhamdulillah direspons dan memang akan dibuat infrastrukturnya secara berproses," kata Ketua KPU KBB, Adie Saputro, Kamis, 4 Agustus 2022.

Menurut Adi, ketersediaan internet sangat menunjang dalam pelaksanaan hajat demokrasi. Salah satunya pada tahapan pemuktahiran data pemilih dan rekapitulasi online melalui aplikasi Sirekap atau Sistem Informasi Rekapitulasi.

Baca Juga: Demokrat Yakin Akan Mendapat Mitra Koalisi Pilpres 2024

"KPU akan sangat terpaku kepada akses internet. Karena dalam tahapan kami memakai pemutakhiran data pemilih melalui aplikasi, kami juga akan melakukan aplikasi perhitungan melalui Sirekap atau Sistem Informasi Rekapitulasi," terang Adi.

"Jadi pada hari H penghitungan, semua KPPS akan melaporkan hasil pemungutan kepada website KPU. Langkah ini sangat membutuhkan dukungan jaringan internet. Ini bisa mempermudah perhitungan cepat atau Real Count," tambahnya.

Baca Juga: 2 Link Live Streaming Bali United vs RANS Nusantara Hari Ini 20.30 WIB BRI Liga 1

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Konflik Lahan SDN Bunisari KBB Dibawa ke Meja Hijau

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:32 WIB
X