Bawaslu Tengarai Ada Kades Masuk dalam Kepengurusan Partai

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 20:08 WIB
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung | Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bandung menengarai masih ada Kepala Desa yang terdaftar sebagai pengurus partai politik. (Istimewa)
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung | Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bandung menengarai masih ada Kepala Desa yang terdaftar sebagai pengurus partai politik. (Istimewa)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bandung menengarai masih ada Kepala Desa yang terdaftar sebagai pengurus partai politik.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung Kahpiana mengatakan, sesuai dengan aturan, Kepala Desa tidak diperkenankan aktif menjadi pengurus Partai politik.

"Kepala desa adalah bagian dari pemerintah desa yang dibantu perangkat desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa," ujar Kahpianan, Selasa 2 Agustus 2022.

Sebagai bagian dari pemerintahan, Kepala Desa tidak bisa menjadi pengurus Partai Politik karena bisa dimanfaatkan.

"Aturan eksplisit yang mengatur larangan kepala desa untuk menjadi pengurus partai politik ini terdapat dalam Pasal 29 huruf g UU Desa," paparnya.

Baca Juga: 2 Link Live Streaming Indonesia vs Singapura Besok 20.00 WIB Piala AFF U16 2022

Namun berdasarkan informasi yang diterimanya, Bawaslu Kabupaten Bandung menengarai masih ada Partai Politik yang memasukan Kepala Desa sebagai pengurus partai politik

Menurutnya ada beberapa kemungkinan Kepala Desa yang masuk dalam Sipol di KPU, baik sebagai anggota maupun pengurus partai politik.

"Bisa sengaja yang bersangkutan memang aktif di partai atau nama yang bersangkutan dicatut oleh parpol tanpa sepengetahuan yang bersangkutan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kata Bupati Bandung Terkait Kasus Brigadir J

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:05 WIB

Puluhan Lingkung Seni Benjang Unjuk Kebolehan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:38 WIB
X