Kesadaran Masyarakat Rendah, Angka Vaksin Dosis Tiga di KBB Masih Rendah

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 19:28 WIB
Vaksin Covid-19 dosis ketiga (booster) | Dinas Kesehatan (Diskes) Bandung Barat menilai pelonggaran masyarakat membuat kesadaran vaksin dosis tiga minim. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Vaksin Covid-19 dosis ketiga (booster) | Dinas Kesehatan (Diskes) Bandung Barat menilai pelonggaran masyarakat membuat kesadaran vaksin dosis tiga minim. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Kesehatan (Diskes) Bandung Barat menilai pelonggaran masyarakat membuat kesadaran vaksin dosis tiga minim. Imbasnya, capain warga divaksin sulit meningkat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan KBB, Nurul Rasyihan mengatakan, angka vaksinasi booster saat ini baru mencapai 36,03 persen. Sementara cakupan berdasarkan data kependudukan mencapai 36,50 persen.

"Saat ini capainya masih rendah di bawah 50 persen, jadi masih rendah karena kaitannya kan dengan kepedulian masyarakat untuk booster yang juga rendah," kata Nurul, Selasa 2 Agustus 2022.

Rendahnya kesadaran masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi booster terjadi setelah pelonggaran aktivitas oleh pemerintah pusat.

Ditambah dengan anggapan booster tak penting karena sudah divaksinasi dosis 1 dan 2.

"Mereka juga menganggap tidak ada kewajiban untuk booster. Kemudian kan booster dipersyaratkan untuk perjalanan antardaerah dan ke luar negeri, nah mereka yang enggak melakukan perjalanan akhirnya enggak booster," kata Nurul.

Baca Juga: Tingkatkan Angka Rata-Rata Lama Sekolah, Pemkab Bandung Janjikan Bangun Puluhan Sekolah

Pihaknya sudah berusaha mendekatkan aksesibilitas vaksinasi booster bagi masyarakat dengan menggelar booster di setiap desa. Kemudian ditunjang dengan gebyar booster, namun nyatanya memang peminatnya tetap sedikit.

"Misalnya kemarin di IKEA Kota Baru Parahyangan, sehari itu yang booster kurang dari 100 orang. Memang dari segi peminatnya sangat rendah," ujar Nurul.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Konflik Lahan SDN Bunisari KBB Dibawa ke Meja Hijau

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:32 WIB
X