Kota Bandung Menjadi Tuan Rumah Urban 20, Program Buruan SAE Dilirik Dunia

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 12:09 WIB
Kota Bandung jadi tuan rumah Konferensi Internasional Ketahanan Pangan bertajuk Urban 20 pada 3-4 Agustus 2022. Program Buruan SAE dilirik dunia.
Kota Bandung jadi tuan rumah Konferensi Internasional Ketahanan Pangan bertajuk Urban 20 pada 3-4 Agustus 2022. Program Buruan SAE dilirik dunia.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM-- Kota Bandung akan menjadi tuan rumah Konferensi Internasional Ketahanan Pangan bertajuk Urban 20 pada 3-4 Agustus 2022 mendatang. Urban 20 merupakan pertemuan para pemimpin kota dunia untuk membahas isu-isu perkotaan, termasuk isu ketahanan pangan. Acara ini sebagai bagian dari agenda Presidensi G20 Indonesia.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengatakan, Kota Bandung terpilih menjadi tuan rumah Urban 20 yang membahas tentang isu ketahanan pangan di kawasan perkotaan.

"Isu pangan ini menjadi agenda G20. Kita (Kota Bandung) diberikan kesempatan untuk menyelenggarakan agenda internasional di 3-4 Agustus 2022," kata Gin Gin.

Baca Juga: Forum Guru Honorer Jabar Tuntut Kejelasan Formasi, Begini Respons Ridwan Kamil

Selain itu, kata Gin Gin, Kota Bandung terpilih menjadi tuan rumah karena dianggap sukses membangun konsep ketahanan pangan mandiri melalui program Buruan SAE.

"Buruan SAE ini juga telah menjadi perhatian teman teman kita dari luar negeri, sebagai konsep ketahanan pangan mandiri," imbuhnya.

Acara ini, kata Gin Gin, didukung penuh oleh Milan Urban Food Policy Pact (MUFPP), Uni Eropa dan beberapa lembaga internasional lainnya. Untuk diketahui, Kota Bandung merupakan ketua Milan Urban Food Policy Pact (MUFPP) regional Asia Pasifik.

Baca Juga: Muncul Dugaan Penyelewengan Dana Bupati Non-aktif PPU, KPK Lakukan Pengusutan

MUFPP merupakan pertemuan para wali kota atau utusan kota dunia di Milan, Italia telah melahirkan Milan Urban Food Policy Pact (Pakta Kebijakan Pangan Perkotaan).

Pakta Milan adalah perjanjian internasional untuk mewujudkan kota cerdas pangan bagi warganya. Sejauh ini sudah lebih dari 200 kota yang menandatangani pakta tersebut. Urban 20 akan dihadiri oleh 250 peserta baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir Terjang Kota Cimahi, Arus Lalu Lintas Macet

Selasa, 4 Oktober 2022 | 17:39 WIB

Driver Ojol Menceburkan Diri ke Sungai Citarum

Selasa, 4 Oktober 2022 | 17:22 WIB

Diguyur Hujan Lebat, Gedung Sate Banjir

Selasa, 4 Oktober 2022 | 16:46 WIB

Diintimidasi, Petani Penggarap di Cianjur Melawan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:29 WIB
X