Wabah PMK di Kota Bandung Tersisa 8 Kasus, 400 Dosis Vaksin PMK Tahap Dua Mulai Disebar

- Senin, 1 Agustus 2022 | 11:57 WIB
Ilustrasi. Vaksinasi PMK pada hewan ternak kembali dilakukan Pemkot Bandung. Sebanyak 400 vaksin mulai diberikan per hari ini di Kelurahan Sukaraja. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Ilustrasi. Vaksinasi PMK pada hewan ternak kembali dilakukan Pemkot Bandung. Sebanyak 400 vaksin mulai diberikan per hari ini di Kelurahan Sukaraja. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM-- Vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak akan kembali dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Total kuota vaksin dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebanyak 400 vaksin mulai diberikan per hari ini di Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Cicendo

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar mengatakan, vaksinasi akan diberikan kepada hewan ternak dan dilakukan secara bertahap untuk menekan penyebaran PMK

"Hewan ternak yang diprioritaskan divaksin, yaitu sapi perah, sapi bibit dan indukan," kata Gin Gin Ginanjar saat dihubungi, Senin, 1 Agustus 2022.

Baca Juga: Dukung Penanganan Wabah PMK di Indonesia, Pemerintah Australia Beri Dukungan dalam Bentuk Ini

Gin Gin menuturkan, bahwa pihaknya telah melakukan vaksinasi hewan ternak pada Juni lalu. Petugas memberikan vaksinasi terhadap hewan ternak yang sehat secara bertahap di lokasi kasus PMK setelah sebelumnya tercatat ada di Kecamatan Cibiru, Kecamatan Bandung Kulon dan Kecamatan Babakan Ciparay.

"Selain itu, kita menganggarkan biaya dari bantuan tidak terduga untuk memenuhi kebutuhan non vaksin, seperti alat perlindungan diri, sepatu dan alat suntik serta yang lainnya," ujarnya. 

Lebih rinci, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kota Bandung, Asep Ruspian menyebut sebanya 400 vaksin PMK dosis satu dan dua sudah diterima oleh Pemkot Bandung dan 100 dosis vaksin mulai diberikan kepada hewan ternak per hari ini. 

Baca Juga: Cegah Wabah PMK di KBB, Pengelolaan Limbah Hewan Kurban Mesti Dikelola Ketat

"Kita baru dapat bantuan 400 dosis, hari ini baru mulai dilaksanakan untuk vaksin yang kedua. Dimulai dari peternak Ade Anwar yang berlokasi di RT 3 RW 10 Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Cicendo. Jadi kan dulu ada 10 ekor waktu vaksin pertama, nah sekarang mau dilaksanakan vaksin kedua untuk yang 10 ekor itu," ujar Ade saat dihubungi, Senin, 1 Agustus 2022.

"Rencana saya hari ini 100 ekor. Karena 1 botol itu kan 100 dosis, tidak boleh lebih dari 24 jam (setelah pembukaan) jadi harus saya habiskan. Setelah ini saya ke Bandung Kulon. Setelah dzuhur, mungkin kami akan ke Babakan Ciparay yang kena wabah itu, yang ada 66 ekor sapi (terkena PMK bulan lalu)," imbuhnya. 

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sepeda Listrik Ramah Lingkungan Hadir di ITB

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:51 WIB

17 Rumah di Parongpong KBB Terendam Banjir Bandang

Rabu, 5 Oktober 2022 | 15:58 WIB
X