Perajin Tepung Kanji Bandung Barat Kesulitan Bahan Baku

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 17:51 WIB
Perajin Tepung Kanji Bandung Barat Kesulitan Bahan Baku (Ayobandung.com/@Restunugraha)
Perajin Tepung Kanji Bandung Barat Kesulitan Bahan Baku (Ayobandung.com/@Restunugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Perajin tepung kanji atau tapioka di Kabupaten Bandung Barat (KBB) tengah dilanda sejumlah masalah yang mengakibatkan usaha mereka terus merosot dari tahun ke tahun.

Salah satu penyebabnya, yakni penurunan kualitas bahan baku singkong disertai penurunan kualitasnya. Karena sulit, perajin tepung tapioka di KBB harus mendatangkan singkong dari luar kota, seperti Sukabumi, Cianjur, dan Subang.

Amir (60), salah satu perajin tepung kanji asal Kampung Cibitung RT 01 RW 14, Desa Cirawamekar, Kecamatan Cipatat, KBB, mengaku harus mengeluarkan ongkos produksi lebih besar karena harus membeli singkong dari Sukabumi.

Baca Juga: LINK Live Streaming Manchester United vs Atletico Madrid hari ini 18.45 WIB Laga Persahabatan Pramusim 2022

"Di Bandung Barat singkong sedang sulit. Saya beli dari Sukabumi. Resikonya mesti keluarkan biaya besar untuk angkut barang. Kalau pun dapat untung, jatuhnya cuma tipis," kata Amir, Sabtu 30 Juli 2022.

Selain langka, Amir menilai, singkong yang ada saat ini kualitasnya tak sebaik tahun-tahun sebelumnya. Dari satu ton singkong, paling bagus bisa menghasilkan 2,5 kwintal. Padahal, dua tahun sebelumnya, dari jumlah yang sama bisa menghasilkan 5 kwintal tepung.

"Kualitas singkong tiap tahun main menurun. Dari pada tepung lebih banyak jadi ampasnya," papar Amir.

Amir telah terjun menjadi perajin tempung kanji sejak tahun 1995. Menurutnya, kondisi tersebut harus jadi alarm bagi pihak-pihak terkait untuk menghadirkan solusi. Misalnya, menggalakkan kembali perkebunan singkong.

Baca Juga: BSU 2022 Kapan Cair ke Rekening Penerima? CEK! Ini Ciri Bantuan Subsidi Upah Rp1 Juta Cair

Halaman:

Editor: Jinan Vania Barizky

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemprov Jabar Dorong Petani Kopi Ekspor Tanpa Perantara

Jumat, 23 September 2022 | 19:07 WIB
X