Demi Pinjam Uang, Kepala Desa di Bandung Barat Gadaikan Aset Desa

- Rabu, 27 Juli 2022 | 20:08 WIB
Ilustrasi uang rupiah | Seorang kepala desa berinisial YS di Bandung Barat mengadaikan aset desa berupa sertifikat tanah desa. Aset tersebut jadi jaminan meminjam uang. (Unsplash/Mufid Majnun)
Ilustrasi uang rupiah | Seorang kepala desa berinisial YS di Bandung Barat mengadaikan aset desa berupa sertifikat tanah desa. Aset tersebut jadi jaminan meminjam uang. (Unsplash/Mufid Majnun)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Seorang kepala desa berinisial YS di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengadaikan aset desa berupa sertifikat tanah desa. Aset tersebut jadi jaminan untuk meminjam uang Rp200 juta.

Atas tindakan tersebut pihak kecamatan telah melakukan pemanggilan kepada kepala desa. Pasalnya, hal itu melanggar Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor Tahun 2016 dan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 30 Tahun 2016.

Camat Lembang, Herman Permadi mengatakan, oknum kepala deda tersebut sudah dipanggil ke kantor kecamatan untuk dimintai keterangannya langsung.

Dia juga mengakui telah meminjam uang dan berjanji akan segera menyelesaikan kewajibannya. Kasus ini sudah dilaporkan ke Pemkab Bandung Barat melalui Inspektorat.

"Bulan Juli ini katanya akan diselesaikan, sampai saat ini kami masih menunggu karena berdasar informasi dari Kris, Yadi belum juga belum menyelesaikan kewajibannya," kata Herman, Rabu 27 Juli 2022.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Belum Dimulai, Proyek Pelebaran Jalan Soreang-Cidaun Diyakini Akan Lancar

Kepala desa tersebut meminjam uang kepada seorang warga Bandung bernama Kris dengan jaminan sertifikat.

"Betul Awalnya kades bertemu dan berkomunikasi dengan pak Kris, dia (Kris) bersedia memberikan pinjaman dan meminta jaminan. Tetapi dia tak menyangka jika yang dijaminkan kades ternyata aset desa serta bangunannya yang terletak di Jalan Sindang Waas," terang Herman.

Baca Juga: Alasan Larangan Menikah di Bulan Suro bagi Orang Jawa

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

17 Rumah di Parongpong KBB Terendam Banjir Bandang

Rabu, 5 Oktober 2022 | 15:58 WIB

289 Orang Daftar Anggota Panwascam di Bandung Barat

Jumat, 30 September 2022 | 17:10 WIB
X