Warga KBB Mesti Waspada Ancaman Gempa Sesar Cimandiri, Selain Sesar Lembang

- Rabu, 27 Juli 2022 | 17:55 WIB
Selain Sesar Lembang, Warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) mesti mewaspadai potensi gempa dari Sesar Cimandiri.  (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Selain Sesar Lembang, Warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) mesti mewaspadai potensi gempa dari Sesar Cimandiri. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Selain Sesar Lembang, Warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) mesti mewaspadai potensi gempa dari Sesar Cimandiri.

Jika potensi gempa aktivitas Sesar Lembang mencapai 6,5 magnitudo, dari Sesar Cimandiri potensi gempa juga sama-sama kuat yakni 6,6 sampai 7 magnitudo.

Pusat Riset Kebencanaan Geologi pada Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memetakan panjang Sesar Cimandiri mencapai 100 kilometer dengan potensi gempa 6,6 sampai 7 magnitudo.

Membentang dari kawasan Padalarang Bandung Barat hingga Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi.

Peneliti Pusat Riset Kebencanna Geologi, Nuraini Rahma Hanifa mengatakan panjangnya segmen sesar Cimandiri hingga 100 kilometer, tentu harus menjadi perhatian khsus. Karena, setiap sesar dengan panjang lebih 30 kilometer kerap memicu gempa lebih kuat.

"Sesar Cimandiri ini jauh lebih panjang dibanding Sesar Lembang. Kalau sesar Lembang hanya 29 kilometer, nah Cimandiri ini 100 kilometer. Dampaknya mesti diwaspadai juga. Karena bisa saja segmen satu menggeser segmen tetangganya," kata Rahma, Rabu 27 Juli 2022.

Baca Juga: Nama Geografi Menjadi Nama Formasi Batuan, Nama Sesar, dan Nama Gejala Tektonik

Sesar Cimandiri terdiri dari sesar naik dan sesar mendatar dengan arah orientasi barat-timur dan timur laut-barat daya. Berdasarkan catatan Pusat Riset Kebencanna Geologi gempa dengan 7 magnitudo sempat terjadi pada tahun 1734 dan terakhir tahun 1900.

"Paling terakhir gempa besar tahun 1900. Tapi kita belum menemukan catatan sejarah atau berita pada tahun itu terkait dampaknya," jelas Rahma.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemprov Jabar Dorong Petani Kopi Ekspor Tanpa Perantara

Jumat, 23 September 2022 | 19:07 WIB
X