Diduga Buang Limbah ke Situ Ciburuy, 5 Industri di KBB Disegel

- Kamis, 21 Juli 2022 | 14:45 WIB
5 Industri di KBB Disegel akibat buang limbah ke Situ Ciburuy (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
5 Industri di KBB Disegel akibat buang limbah ke Situ Ciburuy (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Lima kegiatan industri disegel aparat gabungan karena diduga membuang limbah ke perairan Situ Ciburuy di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Selain itu, lima industri tersebut terbukti belum mengantongi izin usaha dan pengelolaan limbah sesuai sesuai standar. Aparat gabungan bersama petugas pengawas lingkungan hidup memasang PPLH line dan menutup sementara kegiatan industri selama 14 hari.

"Kita lakukan kegiatan penertiban yang patut diduga sebagai sumber pencemaran terhadap Situ Ciburuy. Tadi totalnya ada lima titik," kata Kepala Bidang Tata Kelola Lingkungan Hidup, DLH KBB Zamilia Floreta, Kamis 21 Juli 2022.

Baca Juga: Sonya Fatmala Positif Covid-19, Hengky Kurniawan Minta Keikhlasan Doa dari Warga

Lima kegiatan industri tersebut yakni 2 pabrik pencucian karung, dan 3 industri pembuatan batako. DLH menegaskan meski dihentikan sementara tak berarti pabrik-pabrik tersebut bersalah. Karena untuk mendapat kesimpulan itu ada tahapan panjang yang mesti dilalui, mulai dari mengecek hasil sampel air dari lab dan bukti-bukti lainnya.

"Kegiatan ini bukan represif tapi lebih ke arah pembinaan terhadap para pelaku usaha agar taat aturan dari sisi perizinan dan standar pengelolaan limbah," tambahnya.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Toko Oleh-oleh Kota Bandung, Murah dan Cocok untuk Sanak Saudara

Selain menutup kegiatan industri, DLH juga mengambil sampel air untuk diuji di lab PDAM Tirtawening di tiga titik yakni outfall Situ Ciburuy dan air limbah di dua pabrik pencucian karung.

"Sementara baru tiga sampel, tapi ini bukan terakhir. Nanti kita terus ambil sampelnya secara berkala di beberapa titik lagi," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cegah Bullying, Guru Harus Intens Awasi Siswa di Sekolah

Selasa, 29 November 2022 | 16:54 WIB
X