Potensi Parkir Kabupaten Bandung Capai Rp4,5 Miliar

- Senin, 18 Juli 2022 | 17:31 WIB
Ilustrasi parkir liar | Potensi retribusi parkir di Kabupaten Bandung mencapai Rp4,5 miliar, namun yang ditargetkan hanya Rp1,6 miliar pada tahun ini. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Ilustrasi parkir liar | Potensi retribusi parkir di Kabupaten Bandung mencapai Rp4,5 miliar, namun yang ditargetkan hanya Rp1,6 miliar pada tahun ini. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

SOREANG, AYOBANDUNG,COM -- Potensi retribusi parkir di Kabupaten Bandung mencapai Rp4,5 miliar, namun yang ditargetkan hanya Rp1,6 miliar pada tahun ini.

Kepala UPT Pengelolaan Perparkiran Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Ruddy Heryadi mengatakan, sesuai dengan perda perparkiran, Pemerintah Daerah hanya bisa mengambil sebanyak 40 persen dari potensi yang ada.

"Potensinya memang Rp4,5 miliar, namun hanya 40 persennya yang bisa menjadi PAD. Itu karena sisanya diperuntukkan bagi pengelola," tutur Ruddy, Senin 18 Juli 2022.

Pengelola dalam hal ini pihak ketiga yang bekerja sama dengan Pemkab Bandung untuk melakukan penarikan parkir.

"Baru tahun ini ada kerjasama operasional dengan pihak ketiga. Sebelumnya memang belum ada kerja sama, tapi tetap sebelum ada kerja sama juga PAD dari parkir tidak sampai seperti potensinya," paparnya.

Baca Juga: Ratusan Juru Parkir di Cianjur Terancam Menganggur

Hal tersebut dikarenakan penarikan retribusi parkir dilakukan oleh juru parkir. Sehingga 60 persen penghasilan diperuntukan bagi upah juru parkir.

"Juru parkir itu kan bukan pegawai Pemkab. Tidak mungkin juga mereka hanya diminta untuk menarik retribusi tanpa mendapat penghasilan," katanya.

Baca Juga: Genjot PAD, Pemkot Bandung Optimalisasi Ratusan Tempat Parkir Elektronik

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Driver Ojol Menceburkan Diri ke Sungai Citarum

Selasa, 4 Oktober 2022 | 17:22 WIB
X