Air Situ Ciburuy KBB Hitam Pekat: Lahan Pertanian, Peternakan, hingga Sumur Ikut Terdampak

- Jumat, 15 Juli 2022 | 17:02 WIB
Pencemaran air Situ Ciburuy di Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ikut berdampak pada sumber penghidupan warga. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Pencemaran air Situ Ciburuy di Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ikut berdampak pada sumber penghidupan warga. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM - Pencemaran air Situ Ciburuy di Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ikut berdampak pada sumber penghidupan warga. Mulai dari pertanian, perikanan, hingga sumber air bersih.

Ketua RW 14 Desa Ciburuy, Udin menjelaskan dampak Ciburuy tercemar jadi hitam dan berbau mengakibatkan ratusan ikan mati mendadak. Warga menemukan jenis ikan sapu dan lele ikut mati. Padahal jenis ikan ini dikenal lebih adaptif terhadap pencemaran.

"Ada Nila yang pada mabuk kemarin. Bahkan ada ikan sapu-sapu yang terkenal kuat juga pada mati mengambang. Cukup banyak juga, ada dua karung mah," papar Udin beberapa waktu lalu.

Perairan di Situ Ciburuy ini kerap kali dimanfaatkan oleh warga untuk mengais rezeki.

Sejumlah warga memancmfaatkan Situ Ciburuy untuk beternak ikan dengan cara membuat kolam-kolam sederhana di tepian situ.

"Saya juga memanfaatkan air di Situ Ciburuy ini untuk ternak lele, sekarang masih di sana, khawatir juga pada mati, rencana mau dipindahin dulu bikin kolam dadakan," tuturnya.

Diketahui, pencemaran Situ Ciburuy berdampak terhadap 4 RW yakni RW 7, 8, 13 dan 14.

Baca Juga: DLH Bandung Barat Bakal Selidiki Penyebab Air Situ Ciburuy KBB Hitam Pekat

Selain bidang perikanan, pencemaran Situ Ciburuy berdampak pada sumber air bersih milik warga. Sejumlah sumur yang berdekatan danau ikut berwarna pekat dan mengeluarkan aroma bau.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

17 Rumah di Parongpong KBB Terendam Banjir Bandang

Rabu, 5 Oktober 2022 | 15:58 WIB

289 Orang Daftar Anggota Panwascam di Bandung Barat

Jumat, 30 September 2022 | 17:10 WIB
X