DLH Bandung Barat Bakal Selidiki Penyebab Air Situ Ciburuy KBB Hitam Pekat

- Jumat, 15 Juli 2022 | 12:41 WIB
DLH Bandung Barat Bakal Selidiki Penyabab Air Situ Ciburuy KBB Hitam Pekat (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
DLH Bandung Barat Bakal Selidiki Penyabab Air Situ Ciburuy KBB Hitam Pekat (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM - Penyebab air Situ Ciburuy di Kabupaten Bandung Barat (KBB) berubah menjadi warna hitam pekat masih belum diketahui. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bakal terjun untuk menyelidiki pemicu air tersebut jadi hitam dan berbau.

Langkah pertama yakni mengambil sampel air untuk mengetahui kadar limbah dalam air atau Biological Oxygen Demand (BOD) dan Chemical Oxygen Demand (COD). Jika benar ternyata ada indikasi limbah, baru ditelusuri sumberdaya.

"Kita segera terjunkan petugas untuk ambil sampel air. Nanti dari sana baru diketahui apa penyebabnya," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (P2KL) DLH KBB, Idad Saadudin, Jumat 15 Juli 2022.

Baca Juga: Masih Berlangsung, Buruan Ikut Yamaha Day Photo Competition dan Bagi Momen Bahagia Kamu !

Diketahui, air Situ Ciburuy mendadak berubah warna hitam dan bau menyengat sejak 5 hari terakhir. Aroma bau dari air itu tersebar di 4 RW itu yakni RW 7, 8, 13 dan 14 Desa Ciburuy.

DLH Bandung Barat Bakal Selidiki Penyabab Air Situ Ciburuy KBB Hitam Pekat (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

Meski begitu, DLH Bandung Barat mengaku belum mendapat laporan dari masyarakat terkait kondisi air Situ Ciburuy menjadi hitam.

"Jadi harus dilihat dulu tidak bisa diprediksi oleh kita (penyebabnya). Jadi sampelnya harus dicek dulu baru bisa diketahui apa penyebabnya dan dari mana kemungkinan sumber pencemarannya," ujar Idad.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Kado Untuk Bayi Baru Lahir

Idad menjelaskan, kawasan Situ Ciburuy terbagi menjadi dua, danau yang sudah lama terbentuk yakni danau yang kini sedang direvitalisasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan danau baru yang berada di sebelah barat Situ Ciburuy lama.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

17 Rumah di Parongpong KBB Terendam Banjir Bandang

Rabu, 5 Oktober 2022 | 15:58 WIB

289 Orang Daftar Anggota Panwascam di Bandung Barat

Jumat, 30 September 2022 | 17:10 WIB
X