Awas, Kesalahan Nama di KTP Tidak Bisa Diperbaiki dalam Waktu Cepat

- Selasa, 12 Juli 2022 | 16:50 WIB
Ilustrasi  KTP elektronik | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tidak lagi bisa melakukan koreksi secara langsung terhadap kesalahan dalam KTP. (Ayobandung.com/Rina M. F.)
Ilustrasi KTP elektronik | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tidak lagi bisa melakukan koreksi secara langsung terhadap kesalahan dalam KTP. (Ayobandung.com/Rina M. F.)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tidak lagi bisa melakukan koreksi secara langsung terhadap kesalahan dalam administrasi kependudukan seperti salah nama atau lainnya dalam KTP.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung, Asep Muhammad Yusuf, menyebut saat ini proses administrasi kependudukan menggunakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terpusat.

"Jadi semua data base berada di pusat. Dulu kan daerah juga memiliki data base," tutur Asep, Selasa, 12 Juli 2022.

Data base yang terpusat saat ini memang memiliki kelebihan, seperti data yang terintegrasi. Namun juga terdapat kelemahan.

Baca Juga: Disebar dari Tahun Lalu, 76 ADM di Kabupaten Bandung Belum Bisa Cetak KTP

Salah satu kelemahannya adalah dinas kependudukan dan pencatatan sipil tidak bisa melakukan perubahan data sendiri, termasuk perbaikan ketika ada salah ketik nama dalam KTP.

"Sekarang kalau perubahan, harus lapor dulu ke Jakarta. Dulu mah kan bisa di tingkat Kabupaten Kota," katanya.

Walaupun pengajuan perubahan tersebut dilakukan secara daring, namun yang melakukan perubahan tetap dari pusat.

Namun demikian, karena sistemnya masih baru, kendala teknis sering dirasakan oleh petugas di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di daerah.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Driver Ojol Menceburkan Diri ke Sungai Citarum

Selasa, 4 Oktober 2022 | 17:22 WIB
X