LIPUTAN FOTO: Pasar Hewan Kurban di Bandung Raya Jelang Idul Adha 2022

- Kamis, 7 Juli 2022 | 13:58 WIB
Pasar Domba Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis, 7 Juli 2022. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Pasar Domba Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis, 7 Juli 2022. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Bersiap sambut Idul Adha 2022, simak berikut syarat hewan kurban yang bisa disembelih menurut Menteri Agama ditengah wabah PMK

Umat muslim sebentar lagi akan menyabut Hari Raya Idul Adha. Momen Idul Adha pada umumnya identik dengan penyembelihan hewan kurban seperti sapi atau kambing. 

Petugas melakukan vaksinasi untuk pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi di peternakan sapi, Gang Lumbung 4, Babakan Ciparay, Kota Bandung, Senin 27 Juni 2022. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

Namun, kini di Indonesia tengah merebak wabah Penyakit mulut dan kuku (PMK).  Kondisi tersebut tentu membuat masyarakat merasa resah, pasalnya sebentar lagi umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha. 

Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung memeriksa hewan di tempat penjualan hewan kurban, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat, 24 Juni 2022. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

Berkaitan dengan perayaan Idul Adha di tengah sedang merebaknya PMK, Menag pun akhirnya menerbitkan panduan penyelenggaraan Salat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi. 

Petugas memberi pakan sapi di UPT Rumah Potong Hewan (RPH) Ciroyom, Kota Bandung Untuk mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK), Pemkot Bandung memperketat jalur masuk hewan ternak dari wilayah yang terjangkit PMK. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

“Ini panduan bagi masyarakat dalam menyelenggarakan Salat Hari Raya Idul Adha dengan memperhatikan protokol kesehatan dan melaksanakan ibadah kurban dengan memperhatikan kesehatan hewan kurban sebagai upaya menjaga kesehatan masyarakat,” ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. 

Baca Juga: Doa saat Menyembelih Hewan Kurban yang Sesuai dengan Sunnah Rasulullah

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X