Sengketa Pilkades Girimukti KBB Berlanjut, Giliran Asep Sugilar Tempuh Jalur Hukum

- Rabu, 6 Juli 2022 | 17:55 WIB
Sengketa Pilkades Girimukti KBB Berlanjut, Giliran Asep Sugilar Tempuh Jalur Hukum (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Sengketa Pilkades Girimukti KBB Berlanjut, Giliran Asep Sugilar Tempuh Jalur Hukum (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Sengketa Pilkades di Desa Girimukti, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali berlanjut. Setelah di bawa ke meja hijau hingga MA, kini Pilkades Girimukti rencananya bakal dibawa ke jalur pidana.

Langkah tersebut dilakukan oleh Asep Sugilar, calon nomor urut 2 yang sebelumnya sempat dilantik menjadi kades lalu batal akibat gugatan lawannya nomor 1, Encep Komarudin, di PTUN Jakarta.

Sebelumnya, Langkah hukum Pemda Bandung Barat menempuh kasasi di Mahkamah Agung Republik Indonesia atas putusan PTUN Jakarta ditolak melalui Putusan Nomor : 97/K/TUN/2021 tertanggal 2 Maret 2021.

 Baca Juga: Selamat! BSU 2022 Akan Cair, Ini Kata Kemnaker Soal BSU BPJS Ketenagakerjaan

Dengan itu, Surat Keputusan Bupati Bandung Barat No 141.1./Kep 685-DPMD/2019 tanggal 27 Desember 2019 Tentang Penetapan dan Pengangkatan Kepala Desa Girimukti periode 2019-2025 atas nama atas nama Asep Sugilar batal.

Bupati Bandung Barat dihukum membayar biaya perkara pada tingkat kasasi sejumlah Rp500 ribu. Serta memerintahkan Panitia Pemilihan Kepala Desa Girimukti Kecamatan Cipongkor, mengadakan perhitungan suara ulang surat suara TPS 2 dan TPS 3 dicocokkan dengan nama di DPT P2KD.

Asep Sugilar menilai ada beberapa unsur pidana yang ditemukan baik dalam tahapan pemilihan Pilkades maupun setelah pemilihan. Oleh karena itu, pihaknya berencana membawa dugaan pidana itu ke jalur hukum.

 Baca Juga: Izin PUB Dicabut, Kantor ACT KBB-Cimahi Tetap Buka

"Kita akan bawa ke jalur hukum. Karena kita temukan beberapa unsur pidana. Dalam waktu dekat kita akan tempuh. Saat ini masih konsultasi dengan penasehat hukum," kata Asep Sugilar, Rabu 6 Juli 2022.

Asep menyebut saat ini pihaknya masih mendata dugaan unsur pidana beserta tuduhannya. Ia tidak bisa mengungkap lebih rinci apa saja unsur pidananya.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Konflik Lahan SDN Bunisari KBB Dibawa ke Meja Hijau

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:32 WIB
X