Ada Pungli PPDB Jalur Zonasi di Kota Bandung? Segera Lapor ke Disdik

- Rabu, 6 Juli 2022 | 17:48 WIB
Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi di Kota Bandung akan segera dibuka pada 8 Juli 2022 mendatang. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi di Kota Bandung akan segera dibuka pada 8 Juli 2022 mendatang. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi di Kota Bandung akan segera dibuka pada 8 Juli 2022 mendatang.

Dinas Pendidikan Kota Bandung tegaskan larangan adanya pungli dalam proses penerimaan siswa baru terutama tingkat SD dan SMP yang berada di bawah kewenangan Disdik Kota Bandung.

Sekretaris Disdik Kota Bandung, Tantan Syurya mengatakan pihaknya dengan tegas melarang adanya pungutan liar yang rawan terjadi dalam proses zonasi PPDB.

Hal tersebut sesuai dengan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2022 tentang larangan pungutan liar selama proses PPDB.

“Sekolah tidak boleh melakukan pungutan. Kalau ada pungutan laporkan ke Disdik dan kami sudah tekankan berkali kali ke sekolah bahwa tidak boleh ada pungutan sepeser pun dalam proses PPDB,” tegas Tantan di Balai Kota Bandung, Rabu, 6 Juli 2022.

Pemungutan dana, kata dia, hanya dapat dilakukan di luar proses PPDB. Itu juga hanya dapat dilakukan oleh komite, bukan sekolah.

Untuk upaya perbaikan pelaksanaan PPDB, Disdik juga akan melakukan perbaikan sistem IT, mengingat proses PPDB yang telah dilaksanakan daring.

Baca Juga: Pungli Terjadi di SMKN 5 Bandung, Disdik Jabar: Jangan Ada Oknum Bermain di PPDB 2022!

“Kedua itu perbaikan regulasi yang masih abu abu kita detailkan. Misalnya untuk jalur prestasi, itu kan maksudnya kejuaraan bukan festival, kadang masyarakat tidak paham apa perbedaan kejuaraan dengan festival.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X