Kemensos Cabut Izin Pengumpulan Uang dan Barang ACT, Begini Kondisi Kantor Perwakilan Kota Bandung

- Rabu, 6 Juli 2022 | 15:23 WIB
Kementerian Sosial mencabut izin pengumpulan uang dan barang (PUB) Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) terkait adanya dugaan pelanggaran. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Kementerian Sosial mencabut izin pengumpulan uang dan barang (PUB) Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) terkait adanya dugaan pelanggaran. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Kementerian Sosial mencabut izin Pengumpulan uang dan Barang (PUB) Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) terkait adanya dugaan pelanggaran peraturan yang dilakukan oleh pihak yayasan.

Pencabutan itu diteken langsung oleh Mensos Ad Interim Muhadjir Effendi berdasarkan Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 133/HUK/2022 tanggal 5 Juli 2022 tentang Pencabutan Izin Penyelenggaraan Pengumpulan Sumbangan Kepada Yayasan Aksi Cepat Tanggap.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan melakukan pemeriksaan apakah melakukan kerja sama program dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) setelah izin pengumpulan donasi dan barang dicabut Kementerian Sosial.

"Malah saya baru baca Kementerian Sosial sudah membekukan izin pengumpulan donasi. Saya belum menerima laporan dari Dinas Sosial (Dinsos) juga. Saya akan berkoordinasi dengan Dinsos karena yang banyak kegiatannya," kata Yana Mulyana di Balai Kota Bandung, Rabu, 6 Juli 2022.

Baca Juga: Buntut Dugaan Penyelewengan Dana Umat, Kemensos Resmi Cabut Izin Pengumpulan Uang dan Barang ACT

Yana menyebut, selama menjabat sebagai Wali Kota Bandung pihaknya mengaku belum menjalin kerja sama dengan ACT untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial. Bahkan, belum pernah bertemu dengan pihak ACT.

"Apakah mereka melakukan pengumpulan donasi di sini, menyalurkan bantuan kebencanaan, saya belum tahu. Tetapi kita akan melakukan invertarisasi apakah terdapat kerja sama dengan ACT dan kegiatan yang dilaksanakan di Kota Bandung," ucapnya.

Walikota Bandung, Yana Mulayana | Kementerian Sosial mencabut izin pengumpulan uang dan barang (PUB) Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) terkait adanya dugaan pelanggaran. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

Berdasarkan pantauan Ayobandung.com di salah satu Kantor ACT Cabang Bandung yang berlokasi di Jalan Lodaya, Rabu, 6 Juli 2022 siang, terpantau masih ada aktivitas karyawan dan beroperasi seperti biasa di lokasi tersebut.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X