Pengangguran Kota Bandung Terus Bertambah, Disnaker Lakukan hal Ini

- Rabu, 6 Juli 2022 | 14:47 WIB
Ilustrasi pengangguran | Badan Pusat Statistik Kota Bandung mencatat tingkat pengangguran terbuka di Kota Bandung mengalami kenaikan menjadi 11,46 persen. (Pixabay/Dean Moriarty)
Ilustrasi pengangguran | Badan Pusat Statistik Kota Bandung mencatat tingkat pengangguran terbuka di Kota Bandung mengalami kenaikan menjadi 11,46 persen. (Pixabay/Dean Moriarty)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Badan Pusat Statistik Kota Bandung mencatat tingkat pengangguran terbuka di Kota Bandung mengalami kenaikan menjadi 11,46 persen dari tahun sebelumnya.

Pada tahun 2021, angka pengangguran di Kota Bandung mencapai 153.505 jiwa, atau naik 6.424 jiwa dari tahun 2020.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bandung Andri Darusman menyebut kenaikan angka pengangguran tersebut tak lain dipengaruhi pandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir.

"Hari ini angka pengangguran itu di 11,46 persen memang cukup tinggi, kenaikan pengangguran karena selain kemarin pandemi, banyak juga hotel, restoran, perusahaan termasuk kita pemerintahan yang terhambat akan adanya pandemi," ujar Andri Darusman di Balai Kota Bandung, Rabu, 6 Juli 2022.

Guna menekan angka pengangguran, jelas dia, pihaknya terus melakukan upaya dengan menggencarkan pelatihan kompetensi dan memfasilitasi lulusan baru untuk siap terjun di dunia kerja.

Selain itu, pihaknya menggencarkan pelatihan kewirausahaan untuk mendorong masyarakat bisa mandiri dan menciptakan lapangan kerja.

“Karena banyak juga home industry dan pemasaran melalui digital karena memang tiga syarat yang ke depan ini menguasai ekonomi digital, ekonomi lingkungan, kemudian ekonomi kreatif," ungkapnya.

Baca Juga: Viral Video Orang Diduga Mabuk Menggunakan Sepeda Motor Bedas

"Dengan kewirausahaan mudah-mudahan mendorong itu (penurunan pengangguran),” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X