Tentukan Arah Baru Pendidikan, Kemendikbudristek Butuh Dukungan Publik

- Selasa, 5 Juli 2022 | 14:17 WIB
Ilustrasi PTM 100 persen. | Keberhasilan program Kemendikbudristek akan dirasakan langsung oleh masyarakat jika dukungan dilakukan oleh semua pihak dan para pemangku pendidikan. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Ilustrasi PTM 100 persen. | Keberhasilan program Kemendikbudristek akan dirasakan langsung oleh masyarakat jika dukungan dilakukan oleh semua pihak dan para pemangku pendidikan. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

Keberhasilan program Kemendikbudristek akan dirasakan langsung oleh masyarakat jika dukungan dilakukan oleh semua pihak dan para pemangku pendidikan.

Muda, kreatif, dan inovatif. Begitulah gambaran sosok Mendikbudristek Nadiem Makarim. Sejak berkecimpung dalam pemerintahan, ia dikenal sebagai sosok yang selalu memberikan perubahan dalam memajukan dunia pendidikan Indonesia.

Sejak menjabat sebagai Mendikbudristek, Nadiem menunjukkan kepeduliannya terhadap perkembangan dunia pendidikan dengan menggulirkan sejumlah program yang membutuhkan partisipasi aktif masyarakat. Program demi program yang selama ini dijalankan mendapatkan respons positif dari para pemangku pendidikan.

Saat awal menjabat, Nadiem dihadapkan pada situasi dunia pendidikan yang membutuhkan penanganan serius, terutama saat dunia, termasuk Indonesia, diserang wabah Covid-19. Penyebarannya yang begitu masif membuat pihak Kemendikbudristek harus mengambil langkah penting agar pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun dunia sedang tidak baik-baik saja.

Salah satu langkah yang diambil adalah dengan diterapkannya belajar daring demi menekan angka penyebaran virus. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah terpaksa dihentikan dan diganti dengan belajar dari rumah. Dengan perangkat teknologi seperti gadget, siswa bisa mengikuti pelajaran yang dilaksanakan dari rumah masing-masing. Guru pun cukup mengajar dari rumah. Soal-soal atau tugas siswa juga dilakukan secara daring.

Baca Juga: Kerbau di Cicalengka Tahun 1880-1900

Dukungan serta partisipasi aktif dari para pemangku kebijakan selama program dijalankan, membuat program bisa terlaksana dengan baik. Meskipun di sejumlah daerah, yang sulit mendapatkan akses teknologi dan informasi, tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka, tetapi dengan prokes yang ketat. Keterbatasan fasilitas teknologi dan jaringan internet membuat para guru di daerah harus mencari solusi agar proses pendidikan tetap berjalan di tengah pandemi.

Sikap dan Respons Masyarakat

Kemajuan dunia pendikan Indonesia tidak lepas dari inovasi yang dilakukan pemerintah. Selama ini pemerintah telah berusaha semaksimal mungkin untuk memajukan pendidikan.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nama Geografi Menjadi Istilah Geomorfologi Khas Sunda

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 13:55 WIB

Wisata dari Titik Nol Bandung

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:11 WIB

Penempatan Siswa di Kelas berdasar Gaya Belajar

Senin, 8 Agustus 2022 | 19:45 WIB

Paypal Diblokir, Bagaimana Nasib para Freelancer?

Senin, 8 Agustus 2022 | 15:19 WIB

Mari Kita Sukseskan Desa Cantik

Jumat, 5 Agustus 2022 | 09:51 WIB

Citayeum, Citayem, dan Citayam

Kamis, 4 Agustus 2022 | 16:50 WIB
X