Target Beroperasi Tahun 2023, Sudah Sejauh Mana Proyek KCJB?

- Selasa, 5 Juli 2022 | 12:02 WIB
Pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) terus dikebut. target operasionalnya ialah pada Juni 2023. (Ayobandung.com)
Pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) terus dikebut. target operasionalnya ialah pada Juni 2023. (Ayobandung.com)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM — Pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) terus dikebut.

Berbagai upaya percepatan pembangunan dilakukan untuk memenuhi target operasional pada Juni 2023.

Enam bulan pertama atau semester pertama tahun 2022 sudah dilewati. Sejumlah progres pembangunan proyek KCJB dikabarkan telah berhasil dicapai.

Presiden Direktur PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, menyebut pihaknya bersama kontraktor berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan percepatan pembangunan.

“Mohon dukungannya agar proyek KCJB ini bisa segera menyapa dan melayani masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, sepanjang semester 1 Tahun 2022, ada beberapa pencapaian yang sudah terealisasi dalam proyek KCJB.

Pertama, 13 Tunnel Berhasil Ditembus. Memasuki tahun 2022, proyek KCJB menyisakan 3 tunnel yang masih dalam proses penggalian. Ketiga tunnel tersisa yang terdiri dari Tunnel #2, Tunnel #4, dan Tunnel #6 termasuk dalam konstruksi dengan tingkat kesulitan tinggi.

Baca Juga: Penyebab Banjir di Taman Bunga KBB, KCIC Janji Benahi Gorong-gorong

Namun, diklaim oleh pihak PT KCIC, dengan berbagai upaya kolaborasi, seluruh Tunnel KCJB berhasil ditembus. Pada 22 Februari 2022, Tunnel #6 Method (NATM) berhasil tembus. Disusul dengan Tunnel #4 pada awal April 2022. Kemudian pada 17 Juni 2022, Tunnel #2 yang sempat menjadi kendala tersulit selama proyek KCJB berjalan, berhasil ditembus. 

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Konflik Lahan SDN Bunisari KBB Dibawa ke Meja Hijau

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:32 WIB
X