46 Calon Jemaah Haji Dipulangkan, Wagub Jabar Minta Selektif Pilih Travel

- Senin, 4 Juli 2022 | 17:31 WIB
46 Calon Jemaah Haji Dipulangkan, Wagub Jabar Minta Selektif Pilih Travel (Biro Adpim Jabar/Denny)
46 Calon Jemaah Haji Dipulangkan, Wagub Jabar Minta Selektif Pilih Travel (Biro Adpim Jabar/Denny)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum ikut merespons 46 calon jemaah haji dipulangkan ke Indonesia karena masalah visa. 46 jemaah ini merupakan jemaah haji furoda.

Uu meminta masyarakat Jabar yang ingin menunaikan ibadah haji untuk selalu berhati-hati dan selektif dalam memilih agen perjalanan atau travel haji dan umrah.

Terlebih, menurutnya keinginan masyarakat Jabar untuk menunaikan ibadah haji itu terbesar dibandingkan dengan daerah lain, dan juga negara Islam lainnya.

Baca Juga: Tanda BSU 2022 Cair, Pernyataan Kemnaker Soal BSU BPJS Ketenagakerjaan

"Memang furoda ini sah dan halal, cuma tidak diurus oleh negara. Tapi jangan sampai dimanfaatkan oleh oknum mengatasnamakan furoda dengan pembayaran yang di atas 300 juta," kata Uu di Bandung, Senin, 4 Juli 2022.

"Sehingga masyarakat tergiur dengan cepatnya keberangkatan dari pendaftaran masalah biaya kadang masyarakat tidak berpikir," ungkapnya melanjutkan.

Pihaknya berharap calon haji furoda dari masyarakat Jabar supaya dapat berkoordinasi dengan Pemerintah, dalam hal ini adalah Kemenag.

Baca Juga: Daftar 18 Rekomendasi Realme Terbaru 2022, Simak Ulasan dan Harga Lengkapnya

Koordinasi itu, katanya, guna mengetahui agen perjalanan mana saja yang resmi yang terdaftar di Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) maupun Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIH).

"Kalau (biaya haji) furoda di 300 juta juga dipertanyakan karena harus bayar fasilitas untuk Ongkos Naik Haji (ONH) plus, untuk di Mekkahnya, hotel, kendaraan, sebab ONH plut itu 150 juta ditambah visa yang tidak dikeluarkan Pemerintah, dan rata-rata 200 juta harganya," tuturnya.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X