Proyek PT SMI di KBB Gagal Tuntas, Hengky Kurniawan Rencana Lanjutkan Pakai APBD

- Senin, 4 Juli 2022 | 14:49 WIB
Proyek PT SMI di KBB Gagal Tuntas (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Proyek PT SMI di KBB Gagal Tuntas (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Proyek perbaikan jalan wilayah selatan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang didanai hutan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dipastikan tak selesai sesuai target.

Hingga saat ini pembangunan jalan sepanjang kurang lebih 71 kilometer ini baru mencapai 65 persen. Padahal, waktu kontak pelaksanaan akan habis pada akhir Juli 2022.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan menilai progres pembangunan jalan mengalami keterlambatan pengerjaan. Sehingga dipastikan tak bakal selesai sesuai target.

Hengky Kurniawan menegaskan bakal menyetop kontak pihak ketiga sebagai pelaksana proyek. Maksimal hingga 27 Juli 2022.

Baca Juga: Siswa di KBB Demo Akibat Sekolah Kerap Dilanda Banjir Imbas Proyek KCIC

"Proyek jalan memang kita lihat ada keterlambatan dari pihak ke tiga. Padahal mereka cuma punya batas waktu sampai akhir Juli 2022. Kalau ini tidak selesai, sesuai perjanjian kontak kita stop," kata Hengky Kurniawan, Senin 4 Juli 2022.

Diketahui, perbaikan jalan selatan KBB ini semula dirancang sebagai pendongkrak roda ekonomi dan sektor wisata. Renovasinya membentang dari Kecamatan Batujajar hingga perbatasan Kabupaten Cianjur di wilayah Gununghalu.

Proyek itu dibagi menjadi dua yaitu jalan sepanjang 52,5 kilometer dengan biaya Rp177 miliar dan jalan 19,5 kilometer dengan anggaran Rp78 miliar. Seluruh biaya renovasi jalan itu dibiayai utang dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Setelah gagal menggunakan dana dari PT SMI, Hengky berniat memakai APBD untuk merampungkan perbaikan jalan itu hingga 100 persen.

Halaman:

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Konflik Lahan SDN Bunisari KBB Dibawa ke Meja Hijau

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:32 WIB
X