Kasus Covid-19 di Kota Bandung Kembali Meningkat, Naik Level PPKM?

- Senin, 4 Juli 2022 | 14:20 WIB
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mengungkap kasus penyebaran Covid-19 di Kota Bandung kembali meningkat.   (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mengungkap kasus penyebaran Covid-19 di Kota Bandung kembali meningkat. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mengungkap kasus penyebaran Covid-19 di Kota Bandung kembali meningkat.
 
Tingkat penyebaran kasus yang sempat menurun dari 5-0 kasus per hari pada beberapa waktu lalu kini rata-rata penyebaran harian mencapai 30-50 kasus. 

Kepala Dinkes Kota Bandung Ahyani Raksanagara menyebut, kenaikan kasus Covid-19 tak lepas dari tingkat mobilitas masyarakat yang kembali meninggi setelah diberlakukannya PPKM level 1 di Kota Bandung

"Covid kan sebetulnya secara global, nasional, regional semua yah (kenaikan kasus) dan itu berbagai faktor, ada kepatuhan prokes, ada sub varian baru yang lebih cepat penyebarannya," ujar Ahyani Raksanagara di Gedung Gelanggang Muda, Senin, 4 Juli 2022.

Meski begitu, Ahyani menyebut kenaikan kasus Covid-19 di Kota Bandung masih dalam kondisi yang terkendali. Hal itu ditunjukkan oleh positivity rate yang berada di angka 3 persen dan Bed Occupancy Rate (BOR) berasa di angka 7-10 persen jauh di bawah standar WHO 60 persen. 
 
Baca Juga: Walau Dihujat Netizen, Naturalisasi Jordi Amat Dilanjutkan untuk Timnas Indonesia

"Artinya dashboard-nya tidak hanya satu kenaikan saja, tingkat kesembuhan pun cukup baik, mereka ditemukan tanpa gejala atau gejala ringan dan hampir setengahnya ditemukan karena screening, misalnya dia mau perjalanan," jelasnya.
 
Update covid Bandung hari ini. Rumah Singgah Sehat Posko PPKM RW 12 untuk pasien Covid-19, Kelurahan Antapani Tengah, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Kavin Faza)


Ahyani menyebut, peningkatan kasus Covid-19 di Kota Bandung tidak semata bisa menaikkan status level PPKM yang saat ini berlaku. Menurutnya, peningkatan level PPKM dinilai dari beberapa indikator penilaian. 

"Peningkatan level itu kebijakan dari pemerintah pusat jadi kita tidak meminta dan tidak mengajukan, tapi mereka melihat dari berbagai indikator dan menetapkan bahwa ini level ringan, sedang, dan berat," ujarnya. 

Maka dari itu Ahyani mengimbau masyarakat yang melakukan aktivitas di luar ruangan, baik itu perjalan keluar daerah maupun berwisata tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik. 

"Yah kan mobilitas sudah kembali tinggi dari mana mana dari luar negri sudah masuk, transmisi lokal. Kedua, lindungi kita dan keluarga kita dengan vaksinasi sampai ke booster, jadi itu adalah upaya strategis kita untuk hal-hal lain," ungkapnya. 
 
Baca Juga: Tanda BSU 2022 Cair, Pernyataan Kemnaker Soal BSU BPJS Ketenagakerjaan

"Selain itu, kita tentu pantau secara surveilans, melakukan testing kepada yang suspek dan juga menyiapkan fasilitas kesehatan apabila kasus Covid-19 terus mengalami kenaikan," tandasnya. 

Untuk diketahui, berdasarkan data dari Pusat Informasi Covid-19 Kota Bandung, per hari Senin, 4 Juli 2022 tercatat ada 377 kasus aktif, naik 4 kasus dari hari sebelumnya. 

Untuk konfirmasi pasien sembuh, meningkat 47 kasus jadi 85.410. Sementara untuk data pasien yang meninggal belum tercatat ada penambahan di angka 1.476 kasus.  [*]
 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X