Honorer jadi Tulang Punggung, Dishub KBB Dilema Jalankan Kebijakan Penghapusan Honorer

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 20:30 WIB
Honorer jadi Tulang Punggung, Dishub KBB Dilema Jalankan Kebijakan Penghapusan Honorer. Ilustrasi (Ayobandung.com)
Honorer jadi Tulang Punggung, Dishub KBB Dilema Jalankan Kebijakan Penghapusan Honorer. Ilustrasi (Ayobandung.com)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengaku dilema menjalankan kebijakan Kemenpan RB terkait penghapusan tenaga honorer pada November 2023 mendatang.

Alasannya, tenaga honorer di Dishub KBB telah menjadi tulang punggung karena masih minimnya ASN. Mereka mengisi tugas-tugas vital seperti pengaturan lalu lintas (lalin), petugas jaga, dan petugas di kantor UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB).

"Memang delima, di sisi lain kita kekurang ASN tapi honorer yang statusnya TKK mesti dihapus," kata Kepala Dinas Perhubungan, KBB, Lukmanul Hakim, Sabtu 2 Juli 2022.

 Baca Juga: 2 LINK Live Streaming Timnas Indonesia vs Vietnam Malam Ini 20.30 WIB Piala AFF U19 2022

Seperti diketahui, kebijakan pusat tentang penghapusan pegawai non-ASN tertuang dalam Surat Edaran Menteri PANRB B/185/M.SM.02.03/2022. Dalam aturan itu penghapusan pegawai honorer harus dilakukan maksimal 28 November 2023.

Lukman mengatakan, di Dishub KBB saat ini total ada sebanyak 50 pegawai ASN dan 121 TKK. Untuk TKK ada sebagian yang sudah bekerja cukup lama dan keberadaannya memang sangat dibutuhkan. Sehingga ketika mereka dihapuskan itu jadi persoalan baru yang harus dicarikan solusinya.

Baca Juga: BSU 2022 Cair Hari ini? Resmi! ini Kata Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan

Belum lagi kebutuhan personel untuk petugas teknisi listrik, pengatur lalu lintas, petugas jaga, serta petugas uji KIR. Saat ini untuk petugas jaga dan atur lalu lintas hanya ada 33 orang yang statusnya TKK, begitupun di kantor uji KIR ada 19 orang TKK.

"Kita belum tahu langkah teknisnya seperti apa, karena kan yang bisa dioutsourchingkan hanya untuk tenaga keamanan, petugas kebersihan, dan driver," terang Lukman.

Baca Juga: Ketentuan dan Jadwal Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru 2022 Terbaru untuk Triwulan 2, 3, dan 4

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mantan Dandim Diduga Dibunuh Pemilik Toko di Lembang

Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:10 WIB
X