Wabah PMK di Bandung Barat Makin Meluas, Vaksinasi Jadi Kendala

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 18:30 WIB
[Ilustrasi vaksinasi hewan ternak] Wabah PMK di Bandung Barat Makin Meluas, Vaksinasi Jadi Kendala (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
[Ilustrasi vaksinasi hewan ternak] Wabah PMK di Bandung Barat Makin Meluas, Vaksinasi Jadi Kendala (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Wabah Penyakit Mulut dan Kuku di Kabupaten Bandung Barat (KBB) terus meluas. Sejak dilaporkan kasus PMK pertama tanggal 27 Mei 2022, saat ini sudah ada 7.893 ekor hewan ternak yang terpapar.

Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispernakan) KBB, wabah PMK telah dilaporkan di 14 kecamatan dengan tingkat penularan mencapai 225 ekor per hari.

Di sisi lain, Pemda Kabupaten Bandung Barat cukup kesulitan melakukan vaksinasi karena stok hanya mengandalkan dari pemerintah pusat. Bandung Barat tak bisa memakai biaya tak terduga (BTT) untuk pengadaan vaksin secara cepat akibat wabah PMK belum ditetapkan kejadian darurat.

 Baca Juga: Ketentuan dan Jadwal Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru 2022 Terbaru untuk Triwulan 2, 3, dan 4

"Memang kendalanya terkait vaksinasi. Kendala pertama yakni soal pengadaan, kita tak bisa gerak cepat karena dari pemerintah pusat belum memutuskan ini kejadian darurat. Sehingga kita tidak bisa menggunakan BTT untuk vaksinasi," kata Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, Sabtu 2 Juli 2022.

Hengky mengaku telah mencari sejumlah cara untuk penanganan masalah PMK. Salah satunya menyediakan anggaran secara bertahap untuk obat-obatan dan pemeriksaan terhadap hewan ternak.

"Kita sudah berupaya mengganggarkan untuk obat-obatan secara bertahap. Mudah mudah-mudahan ini segera bisa ditangani dan ternak yang terpapar segera sembuh," tambahnya.

Hengky mengklaim berkat langkah sejumlah pihak, dari 7.893 ekor hewan ternak yang terpapar PMK sekitar 5000 lebih telah dinyatakan sembuh kembali. Hal itu berkat penanganan cepat dan pengobatan dari petugas kesehatan hewan.

 Baca Juga: 2 LINK Live Streaming Arema vs Barito Putera Hari Ini 15.30 WIB Perempat Final Piala Presiden 2022

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mantan Dandim Diduga Dibunuh Pemilik Toko di Lembang

Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:10 WIB
X