Selain Divaksin, Hewan Kurban Sering Dibersihkan untuk Antisipasi Wabah PMK

- Kamis, 30 Juni 2022 | 13:00 WIB
Selain Divaksin, Hewan Kurban Sering Dibersihkan untuk Antisipasi PMK (Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)
Selain Divaksin, Hewan Kurban Sering Dibersihkan untuk Antisipasi PMK (Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Hari Raya Iduladha tinggal menghitung hari. Warga mencari-cari hewan kurban untuk dijadikan kurban pada hari yang kerap disebut lebaran haji itu.

Namun, para penjual hewan kurban kini dihadapi dengan virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan kurban, seperti kambing, domba, dan sapi.

Pemilik As-Sunnah Farm, Nu'man Afif mengaku hewan-hewan kurbannya sudah lima kali diperiksa petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung. Pemeriksaan ini juga termasuk dengan melakukan vaksin PMK kepada hewan ternak tersebut.

Baca Juga: Oppo Reno 7 dan Harga HP Oppo Reno 7 Update! Cek 27 HP Oppo Terbaru khusus Juni 2022

"Itu suntik buat imun saja sebenarnya,” ucap Nu’man Afif, belum lama ini.

Terdapat tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam proses pemeriksaan hewan ternak ini. Proses pertama adalah pengecekkan bagian mulut, kuku, hingga semua tubuh hewan tersebut.

Selain divaksin, PMK juga bisa diatasi dengan menjaga kebersihan kandang. Nu'man mengaku dirinya kerap membersihkan kandang hewan ternaknya secara berkala.

Baca Juga: Tahun Ajaran Baru Tunjangan Sertifikasi Guru Dihapus? Ini Penjelasan Kemdikbud

"Kalau untuk yang bagian mulutnya, kita bersihkan pakai sitrun, terus digosok pake sikat gigi. Kalau untuk kukunya, kita bersihkan juga dengan menggunakan sitrun juga dan pengeringannya pakai betadine," jelasnya.

Penjual hewan kurban lainnya, Endang Sukmara mengaku hewan kurbannya sudah tiga kali diperiksa petugas DKPP Kota Bandung guna terhindar dari virus PMK.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X