Kota Bandung Terima 200 Dosis Vaksin PMK, Prioritaskan 3 Kecamatan Terdampak

- Senin, 27 Juni 2022 | 12:12 WIB
Proses vaksinasi PMK terhadap sapi. Kota Bandung menerima 200 dosis vaksin PMK yang diprioritaskan untuk 3 kecamatan terdampak. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Proses vaksinasi PMK terhadap sapi. Kota Bandung menerima 200 dosis vaksin PMK yang diprioritaskan untuk 3 kecamatan terdampak. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menerima 200 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang diprioritaskan untuk sapi perah dan sapi yang memiliki rentang usia panjang seperti sapi indukan dan sapi bibit.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut pemberian vaksin tersebut mulai dilakukan hari ini dengan menyuntikkan 66 dosis vaksin kepada sapi yang berada di peternakan kawasan Babakan Ciparay, tempat yang pertama kali terkonfirmasi penularan PMK di Kota Bandung.

"Hari ini kita mulai melakukan proses vaksinasi kepada hewan ternak yang ada di Kota Bandung, kita mendapat jatah 200 vaksin dan ditempat ini 66 sapi yang diberikan vaksin," ujar Yana Mulyana, Senin, 27 Juni 2022.

Baca Juga: Bantu Peternak Rugi Akibat PMK, Hengky Kurniawan Imbau ASN KBB Beli Daging 2 Kilogram

Yana menyebut, pemberian vaksin PMK ini akan diprioritaskan bagi sapi perah serta sapi yang memiliki rentang usia panjang seperti sapi indukan dan sapi bibit. Adapun untuk sapi kurban Yana menyebut tidak akan diberikan vaksin PMK.

"Kalau untuk sapi kurban itu diperiksa dan nanti kalau dinyatakan sehat itu diberi barcode. Di barcode itu nanti dengan aplikasi e-selamat, jadi enggak bisa dituker-tuker karena ada foto sapinya, pemiliknya, ada histori, dari si sapinya dari mana," ujarnya.

"Itu memberi keyakinan bagi masyarakat untuk melaksanakan kurban di Iduladha," katanya.

Baca Juga: Sapi Perah Diprioritaskan untuk Selamat dari PMK, akibat Vaksin Terbatas di Jawa Barat

Adapun Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung Gin Gin Ginanjar menyebut, 134 dosis vaksin lainya akan diprioritaskan untuk 2 kecamatan lain yang terkonfirmasi ada penularan PMK, yaitu Kecamatan Cibiru dan Bandung Kulon.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Safari Suci Berangkatkan 306 Jemaah Umroh

Minggu, 14 Agustus 2022 | 17:49 WIB
X