Pengalaman Masyarakat Beralih ke Siaran TV Digital Menggunakan STB, Begini Caranya

- Minggu, 26 Juni 2022 | 16:00 WIB
[ilustrasi siaran TV digital] Pengalaman Masyarakat Beralih ke Siaran TV Digital Menggunakan STB, Begini Caranya (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
[ilustrasi siaran TV digital] Pengalaman Masyarakat Beralih ke Siaran TV Digital Menggunakan STB, Begini Caranya (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Indonesia berencana menutup siaran TV analog selambat-lambatnya pada 2 November 2022 dan menggantinya dengan siaran TV digital.

Sebanyak 166 kabupaten/kota sudah diterapkan Analog Switch Off (ASO) Tahap 1 pada 30 April 2022 kemarin. Sedangkan, untuk ASO Tahap 2 ini paling lambat diimplementasikan 25 Agustus 2022.

Dani Haryana (27) menceritakan pengalamannya beralih dari siaran TV analog ke siaran TV digital menggunakan alat Set Top Box (STB). Saat ditemui di kediamannya, ia mengaku puas meski harus merogoh kocek untuk membeli STB guna merubah siaran TV analog menjadi digital.

Baca Juga: Perbedaan Besaran Gaji 13 2022 Pensiunan PNS dan Penerima PNS, Cek di Sini!

"Cukup puas juga ya, gambarnya yang tadinya agak buram jadi jernih. Terus channel di daerah lain juga bisa ditonton," ujar Dani, Minggu, 26 Juni 2022.

Ia menyebut, pemasangan STB berjenis DVB-T2 yang ia beli di marketplace online itu pun terbilang mudah. Ia cukup mencabut kabel antena yang terhubung ke TV analognya dan menghubungkan kabel tersebut ke STB.

"Nanti dari STB tinggal pasang kabel HDMI ke soket yang ada di TV, terus masuk ke menu input dan pilih tampilan HDMI/AV. Nanti muncul opsi pencarian siaran, kalau beres tinggal simpan dan langsung bisa nonton kok," ujarnya.

Selain pemasangan yang terbilang mudah, ia menilai kelebihan lain beralih dari siaran TV analog ke digital yaitu bisa mengatur program yang bisa ditonton oleh anaknya. Sehingga, anak tidak menonton sesuatu yang tidak semestinya.

Baca Juga: Launching Transformasi Digital, BPI Bandung Gandeng Grab Indonesia, Gramedia, hingga Rindam III Siliwangi

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X