Bantu Peternak Rugi Akibat PMK, Hengky Kurniawan Imbau ASN KBB Beli Daging 2 Kilogram

- Jumat, 24 Juni 2022 | 16:45 WIB
[ilustrasi hewan ternak] Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengeluarkan imbauan membeli dagi peternak kepada seluruh ASN guna meringankan kerugian wabah PMK. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
[ilustrasi hewan ternak] Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengeluarkan imbauan membeli dagi peternak kepada seluruh ASN guna meringankan kerugian wabah PMK. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengeluarkan imbauan membeli dagi peternak kepada seluruh ASN guna meringankan kerugian wabah Penyakit Mulut dan Kuku. 

Diketahui, penyebaran wabah PMK di KBB terus meluas. Dari 14 kecamatan yang terditeksi, dilaporkan sebanyak 4.904 hewan ternak terkonfirmasi PMK. Akibat kejadian ini kerugian peternak ditaksir mencapai Rp8,5 miliar. 

Dari data tersebut, mayoritas hewan ternak dinyatakan sembuh yakni 3.609 ekor. Namun angka hewan yang jadi korban juga tak sedikit. Pasalnya, ada 84 ekor mati di kandang dan 104 ekor dipotong paksa karena tak sanggup bertahan.

Hengky Kurniawan menjelaskan, pembelian daging yang dikeluarkannya diharap bisa meringankan kerugian yang diderita peternak. Para ASN diimbau membeli daging minimal 2 kilogram kepada peternak yang hewannya telah terpapar PMK

"Kita terus cari solusi. Salah satunya saya keluarkan imbauan beli daging 2 kilogram dari para peternak sapi yang terdampak PMK," kata Hengky, Jumat, 24 Juni 2022.

Baca Juga: Korban Pencabulan di KBB Diduga Diintimidasi Keluarga Pelaku, Polisi: Laporkan!

Hengky menambahkan, saat ini pihaknya pun terus memaksimalkan penanganan PMK di Kabupaten Bandung Barat dengan memaksimalkan vaksinasi untuk hewan ternak.

Dirinya melanjutkan, target sasaran vaksinasi PMK mencapai sekitar 30 ribu ekor sapi perah. Untuk dosis vaksinnya pihaknya masih menunggu kiriman dari pemerintah pusat.

"Kita pun menurunkan tim yang langsung datang ke lapangan untuk melakukan treatment terhadap hewan ternak yang terpapar PMK," tambahnya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Konflik Lahan SDN Bunisari KBB Dibawa ke Meja Hijau

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:32 WIB
X