Barisan Planet Bakal Tampak di Langit Bandung, Berikut Penjelasan dan Cara Menyaksikannya

- Jumat, 24 Juni 2022 | 16:03 WIB
Ilustrasi planet | Akan muncul Fenomena astronomi berupa pemandangan 8 planet atau seluruh planet di Tata Surya berjajar tegak lurus di ufuk timur.  (Pixabay/Valera268268 )
Ilustrasi planet | Akan muncul Fenomena astronomi berupa pemandangan 8 planet atau seluruh planet di Tata Surya berjajar tegak lurus di ufuk timur. (Pixabay/Valera268268 )

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Warga Bandung Raya bakal kembali menikmati fenomena astronomi berupa pemandangan 8 planet atau seluruh planet di Tata Surya berjajar tegak lurus di ufuk timur. 

Sebanyak 5 planet yakni Merkurius, Venus, Mars, dan Saturnus bisa diamati dengan mata telanjang karena memancarkan cahaya cukup terang. Sedangkan Uranus dan Neptunus bisa diamati dengan alat bantu teleskop.

Astronom sekaligus juru bicara Observatorium Bosscha, Yatny Yulianti mengatakan peristiwa planet berjajar ini bukan fenomena langka, tapi juga bukan kejadian rutin. Peristiwa yang sama terakhir kali terjadi 18 lalu dan akan terjadi lagi tahun 2040.

Yatny menjelaskan pemandangan barisan planet bisa terlihat di langit Bandung mulai pertengahan hingga akhir Juni 2022. Waktu yang cocok menyaksikan tatkala lagit gelap atau pukul 05:00 dini hari. 

"Planet-planet terang seperti Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus bisa bersamaan diamati di langit mulai pertengahan hingga akhir Juni 2022," jelas Yatny, Jumat, 24 Juni 2022.

Baca Juga: Fenomena Lima Planet Sejajar dengan Bulan Juni 2022, Catat Faktanya!

"Semakin menuju akhir bulan Juni, Venus dan Merkurius posisinya akan semakin rendah, sehingga jendela pengamatan (waktu dalam mengamati) planet tersebut semakin sempit," tambahnya.  

Planet-planet ini bisa diamati dalam konfigurasi berbaris karena berada di orbitnya di mana saat dilihat dari Bumi berada di arah pandang yang sama. Karena planet-planet bergerak di orbit yang datar, terlihat seolah di langit satu garis khayal atau satu garis ekliptika langit.

Baca Juga: Pemandangan 4 Planet Berbaris Lurus Hiasi Langit Bandung, Ini Penjelasan Astronom

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Konflik Lahan SDN Bunisari KBB Dibawa ke Meja Hijau

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:32 WIB
X