Creative Hub Perusahaan Logistik Disebut Mampu Percepat Digitalisasi Ekonomi UKM Bandung

- Kamis, 23 Juni 2022 | 15:04 WIB
Ninja Xpress lakukan percepatan digitalisasi UKM Kota Bandung dengan program pengembangan dan layanan customized solutions di Creative Hub. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)
Ninja Xpress lakukan percepatan digitalisasi UKM Kota Bandung dengan program pengembangan dan layanan customized solutions di Creative Hub. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Dalam upaya mendukung pemulihan aktivitas ekonomi nasional dan bangkitnya kembali UKM Jawa Barat pasca pandemi Covid-19, banyak cara mesti dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat.

Tidak hanya melalui kebijakan pemerintah, tetapi juga lewat peran para pelaku usaha dan perusahaan logistik yang menunjang pergerakan bisnis.

Salah satunya dilakukan Ninja Xpress dengan percepatan digitalisasi UKM Kota Bandung melalui berbagai program pengembangan UKM dan layanan customized solutions di Creative Hub.

Upaya tersebut telah membantu para UKM meningkatkan penjualannya dengan cara beralih ke platform digital sehingga lebih dari 1.500 UKM telah mengirimkan produknya melalui Creative Hub di Bandung.

“Meskipun pandemi Covid-19 sudah menurun dan aktivitas ekonomi kembali bergeliat, namun kondisi perekonomian nasional dan global ke depan masih dibayangi ketidakpastian sehingga masih banyak tantangan yang dihadapi UKM untuk bisa bangkit pasca pandemi. Digitalisasi menjadi jawaban atas tantangan tersebut, namun tidak semua UKM langsung siap untuk beralih ke digital. Selain adaptasi sumber daya untuk melakukan penjualan ke digital, pemasaran digital membutuhkan modal yang cukup besar. Maka dari itu, Ninja Xpress terobsesi membantu percepatan digitalisasi UKM melalui Creative Hub kami di Kota Bandung,“ jelas Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress dalam kunjungannya ke Creative Hub Ninja Xpress yang berlokasi di CO&CO Space, Kota Bandung.

Baca Juga: Sahrul Gunawan Curhat Soal Rumah Dinas Bocor, Sementara Rumah Dinas Bupati Direhab

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat, sekitar 58.263 UKM Jawa Barat terdampak pandemi. Khusus di Kota Bandung, hampir 90% UKM Bandung mengalami dampak buruk pandemi, salah satunya karena belum dapat beradaptasi untuk melakukan penjualan secara digital.

Potret laporan Suara UKM Negeri juga mengungkapkan bahwa 57 persen UKM memerlukan bantuan promosi digital menggunakan iklan melalui Facebook/Instagram dan 56 persen menginginkan bantuan kolaborasi dengan influencer/KOL melalui media sosial untuk mempromosikan produknya.

Sejak Creative Hub Ninja Xpress hadir di Bandung pada Juli 2020, sudah lebih dari 25.000 produk UKM diambil foto dan videonya secara profesional sehingga memudahkan mereka untuk melakukan pemasaran digital. Produk fesyen wanita dan pria, kecantikan dan kosmetik, serta food & beverages menjadi kategori produk yang paling banyak diambil foto dan videonya di Creative Hub Bandung.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X