9 Warga Cimahi Terpapar Varian Baru Covid-19, Satu Orang Punya Rekam Perjalanan Luar Negeri

- Kamis, 23 Juni 2022 | 12:24 WIB
Ilustrasi Masker. Dinas Kesehatan Kota Cimahi menyebut ada 9 orang warga terkonfirmasi positif varian baru Covid-19 dari subvarian Omicron BA.5. (Freepik)
Ilustrasi Masker. Dinas Kesehatan Kota Cimahi menyebut ada 9 orang warga terkonfirmasi positif varian baru Covid-19 dari subvarian Omicron BA.5. (Freepik)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Kesehatan Kota Cimahi menyebut ada 9 orang warga terkonfirmasi positif varian baru Covid-19 dari subvarian Omicron BA.5.

Satu dari sembilan orang yang terpapar varian baru tercacat punya rekam perjalanan luar negeri, yakni melaksanakan ibadah umroh. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Dwihadi, mengatakan pihaknya mendapat informasi adanya satu keluarga mengalami gejala korona usai pulang dari tanah suci. 

Setelah dilakukan pengetesan dan pelacakan ternyata tak satu keluarga itu seluruhnya positif Covid-19. Mereka semua menjalani perawatan. 

"Setelah dilakukan pemeriksaan PCR positif Covid-19, anak, dan cucunya bergejala diperiksa dan terindentifikasi mereka positif," kata Dwihadi, Kamis, 23 Juni 2022.

Baca Juga: Ridwan Kamil Prediksi Puncak Omicron Ba.4 dan Ba.5 di Jabar Terjadi Bulan Depan

Kemudian, Dinas Kesehatan mengirimkan sampel salah satu keluarga itu untuk diuji Whole Genome Sequensing(WGS) di Laboratorium Kesehatan Jabar. Tak cuma itu, Dinkes juga mengirim 8 sampel dari beberapa pasien positif lain di Kota Cimahi

"Setelah itu dilakukan pemeriksaan WGS ternyata hasil WGS-nya positif omicron BA.5," terang Dwihadi. 

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Warga KBB Diingatkan Waspada Varian Baru Omicron

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X