Dukung Migrasi Siaran TV Digital, Pemkot Cimahi Intensif Data Penerima Bantuan STB

- Rabu, 22 Juni 2022 | 17:31 WIB
Warga memasang set top box (STB)  TV digital di Padalarang, KBB, Jumat 17 Juni 2022 | Pemerintah Kota Cimahi mendukung langkah pemerintah pusat mewujudkan migrasi siaran televisi analog ke siaran TV digital atau ASO.  (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Warga memasang set top box (STB) TV digital di Padalarang, KBB, Jumat 17 Juni 2022 | Pemerintah Kota Cimahi mendukung langkah pemerintah pusat mewujudkan migrasi siaran televisi analog ke siaran TV digital atau ASO. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota Cimahi mendukung langkah pemerintah pusat mewujudkan migrasi siaran televisi analog ke siaran TV digital atau Analog Switch Off (ASO). 

Pemerintah telah menjadwalkan migrasi siaran TV digital di wilayah Kota Cimahi dan Bandung Raya rencananya tahap kedua yakni 25 Agustus 2022. Artinya, siaran TV analog di Kota Cimahi akan dihentikan.

Sebagai dukungan pemerintah terhadap warga kurang mampu, Kemenkominfo bakal memberikan bantuan Set Top Box (STB) yang berfungsi untuk menangkap siaran televisi digital pada televisi analog.

"Kita masih melakukan pendataan. Target rampung akhir Juni 2022," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Cimahi, Mochammad Ronny, Rabu, 22 Juni 2022.

Baca Juga: Masyarakat Keluhkan Peralihan TV Analog Menjadi Siaran TV Digital Perlu Perangkat Baru

Ronny menegaskan, tidak semua warga akan mendapatkan bantuan STB, sebab ada sejumlah persyaratan. Di antaranya harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau Rumah Tangga Miskin (RTM).

Warga memasang set top box (STB) TV digital di Padalarang, KBB, Jumat 17 Juni 2022. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

Berdasatkan data terakhir yang diterima Diskominfo, jumlah DTKS di Kota Cimahi ada sekitar 80 ribu Kepala Keluarga (KK). Namun belum tentu semuanya masuk kriteria sebab ada sejumlah persyaratan lainnya yang harus dipenuhi.

"Syaratnya itu yang pasti punya TV analog. Kalau televisi yang lead itu enggak dapat. Kita sudah mulai sosialisasikan kepada warga," ujar Ronny.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X