Ini Faktor Penyebab Sejumlah Harga Kepokmas di Bandung Barat Meroket

- Rabu, 22 Juni 2022 | 15:30 WIB
Ini Faktor Penyebab Sejumlah Harga Kepokmas di Bandung Barat Meroket (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Ini Faktor Penyebab Sejumlah Harga Kepokmas di Bandung Barat Meroket (Ayobandung.com/Kavin Faza)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah harga kebutuhan pokok dan sayuran di Kabupaten Bandung Barat (KBB) meroket tajam. Salah satu yang mengalami kenaikan signifikan adalah cabai. 

Pantauan AyoBandung di sejumlah pasar tradisional, harga cabai rawit domba menyentuh Rp 100- Rp 125 ribu per kilogram. Sedangkan harga cabai rawit hijau Rp70 ribu -Rp85 per kilogram. 

Padahal, normalnya cabai rawit domba hanya Rp40 ribu per kilogram. Sedangkan cabai rawit hijau Rp30 per kilogram.

Baca Juga: Resmi! Gaji 13 2022 PNS Cair 1 Juli, Simak Pembahasannya di Sini

Selain harga cabai, sejumlah komoditas sayuran dan kebutuhan pokok masyarakat ikut mengalami kenaikan. Di antaranya, bawang merah Rp50-60 ribu perkilogram, Tomat antara Rp15-20 ribu perkilogram, minyak goreng kemasan dan terigu Rp10-12 ribu perkilogram.

Terkait itu, Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) KBB, Asep Anjar menilai kenaikan harga kebutuhan pokok dan sayuran dipengaruhi oleh beberapa faktor. 

Salah satunya faktor cuaca yang diduga jadi penyebab gagal panen. Sehingga pasokan sayuran ikut terganggu ke Bandung Barat. 

Baca Juga: Oppo Reno 7A Resmi Rilis, Bawa Snapdragon 695 Berapa Harganya?

"Stok cabai rawit merah itu kan berasal dari luar, jadi berdasarkan pemantauan banyak daerah penghasil cabai rawit gagal panen karena cuaca tidak menentu," jelas Asep.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X