Harga Kepokmas di Pasar Tradisional Kabupaten Bandung Terus Merangkak

- Selasa, 21 Juni 2022 | 14:14 WIB
Ilustrasi cabai rawit merah | Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas) di pasar sehat Soreang, Kabupaten Bandung, terus mengalami kenaikan dalam satu bulan terakhir. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Ilustrasi cabai rawit merah | Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas) di pasar sehat Soreang, Kabupaten Bandung, terus mengalami kenaikan dalam satu bulan terakhir. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas) di pasar sehat Soreang, Kabupaten Bandung, terus mengalami kenaikan dalam satu bulan terakhir.

Dari pantauan Ayobandung.com, sejumlah komoditas kepokmas di Pasar Sehat Soreang mengalami kenaikan sepert Cabai Merah Tanjung yang menembus Rp90.000/kg dari normal seharga Rp60.000/kg.

Pun cabai rawit merah yang menembus Rp100.000/kg dari normal sekitar Rp60.000-Rp70.00/kg.

Bawang merah juga mengalami kenaikan menjadi Rp55.000/kg dari harga normas berkisar Rp30.000/kg.

Lilis Saidah, salah seorang pedagang Pasar Sehat Soreang mengatakan, kenaikan harga kepokmas terjadi dalam satu bulan terakhir.

"Sudah satu bulan ini harga sayuran terus naik," ujar Lilis, Selasa, 21 Juni 2022.

Kenaikan harga tersebut membuat penjualan menjadi berkurang. Hal ini dikarenakan masyarakat memilih tidak membeli sayuran dengan harga tinggi atau mengurangi jatah pembelian.

"Penjualan lumayan menurun. Pelanggan juga tidak semuanya memiliki uang," katanya.

Baca Juga: Persib Pertimbangkan Stadion Si Jalak Harupat Jadi Homebase untuk Liga 1 2022/2023

Kenaikan harga di pasar tradisional diakui oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung Dicky Anugrah. Menurutnya harga cabai mengalami kenaikan dikarenakan pasokan yang berkurang.

"Dipengaruhi cuaca. Seperti cabai yang harganya tinggi dikarenakan pasokan dari petani kurang akibat terjadi pembusukan buah karena hujan yang terus turun," ujar Dicky kepada Ayobandung.com.

Namun kata Dicky, kenaikan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir tidak terlalu tinggi, seperti daging sapi yang naik sekitar Rp 5.000/ kg.

Baca Juga: Tidak Ada Satpam, Kantor Kas BPR Kertaraharja Dibobol Maling

Selain karena faktor cuaca, kenaikan Kepokmas di pasar-pasar Kabupaten Bandung juga dipengaruhi oleh siklus menjelang iduladha.

"Masyarakat yang ingin mengetahui harga Kepokmas terbaru, bisa mengunjungi laman https://sibapokting.bandungkab.go.id/ di situ kami lakukan update harga setiap hari," tutupnya. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terkait Pertalite Terasa Lebih Boros, Ini Kata Pertamina

Jumat, 23 September 2022 | 14:26 WIB

Prospek Tanaman Karnivora yang Beromzet Jutaan Rupiah

Selasa, 20 September 2022 | 16:54 WIB

Gaji Kru Doni Salmanan Lebih Besar dari UMK Bandung

Senin, 19 September 2022 | 17:20 WIB
X