Diskominfo Genjot Sosialisasi Siaran TV Digital, Gandeng Dinsos untuk Penerima STB Gratis

- Jumat, 17 Juni 2022 | 14:46 WIB
Diskominfo Genjot Sosialisasi Siaran TV Digital, Gandeng Dinsos untuk Penerima STB Gratis. ilustrasi siaran TV digital (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Diskominfo Genjot Sosialisasi Siaran TV Digital, Gandeng Dinsos untuk Penerima STB Gratis. ilustrasi siaran TV digital (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Diskominfo Kota Bandung terus mensosialisasikan terkait perpindahan siaran TV analog ke siaran TV digital. Kota Bandung masuk dalam tahap 2 Analog Shut Off (ASO) yang diberlakukan mulai 25 Agustus 2022.
 
Kepala Diskominfo Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana menyebut pihaknya terus melakukan sosialisasi di berbagai media guna menginformasikan peralihan siaran TV digital tersebut kepada masyarakat. 
 
"Diskominfo terus melakukan sosialisasi di berbagai media, seperti media sosial instagram dan lainnya kita terus sosialisasi agar masyarakat mengetahui betul informasi tersebut," ujar Yayan Ahmad Brilyana kepada Ayobandung.com, Jumat, 17 Juni 2022.
 
 
Selain itu, pihaknya melakukan kerja sama bersama Dinas Sosial Kota Bandung untuk mendapatkan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) terbaru untuk menentukan penerima Set Top Box atau STB gratis yang nanti akan diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bagi warga tidak mampu. 
 
"Kita juga sedang bekerja sama dengan Dinsos untuk mendata mana yang akan diberikan secara gratis alatnya terutama bagi warga yang tidak mampu," lanjutnya. 
 
Terkait jumlah alat konverter atau STB gratis siaran TV digital ke analog bagi warga tidak mampu, Yayan mengaku hingga saat ini belum mendapatkan angka pasti jumlah yang akan diterima Kota Bandung untuk dibagikan. 
 
 
"Saya belum dikasih bocoran, tapi yang diutamakan itu yang di daerah pelosok ya kalau tidak salah. Jadi Bandung sendiri sepertinya tidak terlalu banyak," ujarnya. 
 
Yayan berharap, proses peralihan siaran TV digital di Kota Bandung bisa berjalan lancar, terlebih banyak fitur yang lebih unggul yang bisa dirasakan masyarakat dibandingkan siaran TV analog
 
"Seperti sinyal yang lebih bagus, kualitas gambar dan suara lebih jernih. Selain itu masyarakat bisa mengatur siaran yang dapat ditonton oleh keluarga terutama anak-anak," jelasnya. 
 
 
Adapun bagi warga Kota Bandung yang belum mengetahui secara detail terkait peralihan siaran TV analog ke siaran TV digital, bisa mengunjungi laman media sosial resmi Diskominfo Kota Bandung untuk informasi lengkap dan akurat. 
 
"Kalau belum jelas, untuk informasi lebih lanjut masyarakat bisa menghubungi layanan Lapor di 123. Nanti di sana akan diarahkan ke bagian terkait mengenai teknis peralihan," tandasnya. 

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X