ASN Bandung Barat Curi Start Kampanye Jelang Pilkada 2024, Bawaslu Tak Bisa Bertindak

- Kamis, 16 Juni 2022 | 15:20 WIB
Foto kalender Kepala DPUTR KBB Adang Rahmat Safaat di salah satu rumah makan di Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat.  (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Foto kalender Kepala DPUTR KBB Adang Rahmat Safaat di salah satu rumah makan di Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat.  (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai gencar melakukan manuver politik jelang Pilkada 2024.

Para ASN yang berniat maju jadi calon anggota dewan hingga bupati mulai curi start kampanye dengan cara memobilisasi masa dan tebar pamflet di sejumlah wilayah. 

Terkait itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) KBB mengaku tak bisa mengambil tindakan. Pasalnya, selain belum ada peraturan Bawaslu sebagai dasar hukum. Lembang ini juga belum mempunyai sumber daya pengawas di wilayah.

Baca Juga: Harga Oppo Reno 7 Update, Ini Rincian 25 HP Oppo Terbaru Juni 2022

Ketua Bawaslu KBB, Cecep Rahmat Nugraha mengatakan, tindakan itu diperbolehkan karena dinilai bukan merupakan pelanggaran. Kalau pun tindakan tersebut mesti dikaji unsur pelanggannya, itu kewenangan lembaga ASN yang bersangkutan.

"Kalaupun mau ditindak yang dikembalikan ke instasi asalnya," kata Cecep, Kamis 16 Juni 2022.

Cecep menerangkan, Bawaslu sendiri sebenarnya belum punya kewenangan melakukan tindakan karena dalam satu kasus pelanggaran, pihaknya harus melakukan pengkajian, termasuk membentuk Sentra Penegakan Hukum Terpadu atau Sentra Gakkumdu yang terdiri dari aparat penegak hukum. 

Baca Juga: BSU 2022 Kapan Cair? Catat! Kemnaker Tegaskan Bantuan Akan Disalurkan

"Di kita juga itu kan belum dibentuk Sentra Gakkumdunya. Jadi mesti dibentuk dulu itu," terangnya.

Guna melakukan pengawasan selama Pilkada dan Pemilu Serentak, Bawaslu dalam waktu dekat bakal membuka rekrutmen pengawasan tingkat kecamatan. 

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bawaslu Bandung Barat Siap Bentuk Sentra Gakkumdu

Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:21 WIB
X