Antisipasi Varian Baru Omicron, Pemkot Bandung Genjot Vaksinasi

- Kamis, 16 Juni 2022 | 12:52 WIB
Antisipasi Varian Baru Omicron, Pemkot Bandung Genjot Vaksinasi. Ilustrasi (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Antisipasi Varian Baru Omicron, Pemkot Bandung Genjot Vaksinasi. Ilustrasi (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota Bandung mengantisipasi masuknya varian baru Covid-19 Omicron BA.4 dan BA.5 dengan menggenjot vaksinasi baik dosis 1, 2, dan booster kepada masyarakat guna menambah daya tahan agar tidak terpapar virus yang menyebar lebih cepat dari varian Omicron sebelumnya. 
 
Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Bandung, Asep Saeful Gufron menilai, dengan vaksinasi dosis lengkap bisa menambah imun tubuh masyarakat untuk mengantisipasi varian baru Omicron tersebut masuk ke Kota Bandung
 
"Selaku satgas, tetap kita akan mengawal (vaksinasi), mudah-mudahan vaksin dosis satu dan dua dan booster meningkatkan imun kita," ujar Asep Saeful Gufron, Kamis, 16 Juni 2022.
 
 
Selain itu, pihaknya tetap mengimbau dan terus mengedukasi kepada masyarakat agar tetap menerapkan prokes meski saat ini Kota Bandung sedang dalam PPKM level 1 serta berbagai pelonggaran diberikan diberbagai sektor. 
 
"Walau kemarin ada statement di luar boleh tanpa masker, tapi hindari kerumunan. Kami terus akan konsolidasi dengan kewilayahan prokes jadi hal utama, karena Covid-19 belum selesai," jelasnya. 
 
Terkait rencana pengaktifan isolasi terpadu, ia menyebut akan tetap mengacu pada Inmendagri terbaru terkait pencegahan Covid-19. Walaupun, ia menyebut Pemkot Bandung akan tetap siaga menghadapi varian baru Omicron tersebut seperti mewajibkan event menyediakan gerai vaksinasi
 
 
"Seperti Puskesmas, baik ada varian baru atau tidak tetap standby untuk melayani kaitan vaksinasi. Bahkan ada event sebelumnya dibuka gerai vaksinasi, itu untuk mendorong capaian booster yang kini ada di 36 lebih tinggi dari provinsi dan nasional," papar Asep. 
 
Terkait pengunjung atau wisatawan ke Kota Bandung, Asep menyebut tidak ada persiapan khusu yang dilakukan oleh Satgas. "Kita semua dilonggarkan, kita lebih mengimbau masyarakat supaya tetap prokes dan mengimbau kaitan percepatan vaksinasi," tandasnya. 

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X