Pemulihan Citarum Dinilai Hilangkan Peran Masyarakat 

- Rabu, 15 Juni 2022 | 14:30 WIB
Pemulihan Citarum Dinilai Hilangkan Peran Masyarakat  (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Pemulihan Citarum Dinilai Hilangkan Peran Masyarakat  (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Pemulihan Sungai Citarum yang dijalankan pemerintah dinilai hanya menggunakan pendekatan "proyek" dan menghilangkan peran pemberdayaan masyarakat

Imbasnya, langkah ini tak menjadikan upaya pemulihan berjalan efektif serta berkelanjutan. Karena kerja-kerja pemulihan Citarum akan terbatas waktu serta anggaran. 

"Dulu ada Citarum Bergetar, Citarum Berstari, Citarum Harum, dan program Citarum-Citarum lainnya. Upaya program ini memang ada dampaknya, tapi signifikan karena terbatas waktu dan anggaran," kata Aktivis Lingkungan dari Bening Saguling Foundation, Indra Darmawan, Rabu 15 Juni 2022.

Baca Juga: BSU 2022 Cair Besok? RESMI! Ini Kata Kemnaker Terkait Pencairan BSU BPJS Ketenagakerjaan?

Indra menerangkan serangkaian program pemerintah tersebut memang cukup berdampak positif. Misalnya, ikan-ikan yang dulu sempat mati di perairan Citarum blok Cihampelas, kini mulai terlihat muncul kembali. 

Namun, di tengah capaian itu, pemerintah harus memikirkan langkah lanjutan tatkala program pemulihan Citarum telah selesai. Tentu upaya mewujudkan rehabilitaai Sungai Citarum tak boleh berhenti. 

"Kalau program ini selesai. Nanti siapa yang melanjutkan. Apakah capaian saat ini dibiarkan saja tercemar lagi," terang Indra. 

Baca Juga: 23 HP Oppo Terbaru 2022: Oppo Reno 7 hingga Rekomendasi Harga per Juni 2022

Pria peraih penghargaan Kalpataru 2020 untuk kategori Penyelamat Lingkungan ini menilai Pemulihan Sungai Citarum bakal berkelanjutan tatkala pemerintah mengganti pendekatan "proyek" dengan pemberdayaan masyarakat. Pasalnya, sumber masalah serta solusi pemulihan Citarum berada di masyarakat. 

Menurutnya dengan pemberdayaan masyarakat, maka upaya pemulihan Citarum yang awalnya warga hanya jadi objek, berubah menjadi subjek aktif yang ikut terlibat. 

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bawaslu Bandung Barat Siap Bentuk Sentra Gakkumdu

Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:21 WIB
X