Antisipasi Ancaman Gempa dan Petir, Sistem Keamanan KCJB Mulai Dipasang Bertahap

- Selasa, 14 Juni 2022 | 14:41 WIB
KCIC terus melakukan berbagai persiapan dan percepatan jelang dilakukannya uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada akhir 2022. (Ayobandung.com)
KCIC terus melakukan berbagai persiapan dan percepatan jelang dilakukannya uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada akhir 2022. (Ayobandung.com)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM — KCIC bersama konsorsium kontraktor terus melakukan berbagai persiapan dan percepatan jelang dilakukannya uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada akhir tahun 2022.

Selain fokus pada sisi konstruksi, PT KCIC juga saat ini fokus pada persiapan operasional.

Salah satu yang dilakukan adalah pemasangan Lightning Protection System (LPS) berupa Lightning Wire.

LPS ini dipasang untuk melindungi kelistrikan KCJB yang disuplai melalui listrik Aliran Atas atau Overhead Catenary System (OCS).

Pemasangan sudah mulai dilakukan secara bertahap sejak awal Juni 2022.

“Indonesia termasuk negara dengan intensitas petir yang tinggi, untuk itu demi menopang keamanan operasional KCJB yang mendapat suplai listrik lewat OCS, kami memasang Lighting Wire untuk melindungi kelistrikan KCJB dari sambaran petir. Untuk tahap pertama, kontraktor CREC sudah melakukan pemasangan lightning wire sepanjang 1.176 meter,” jelas GM Corporate Secretary PT KCIC, Rahadian Ratry.

Dikatakan Rahadian, Lightning Wire ini melengkapi LPS lain yang sudah disiapkan di sepanjang trase KCJB. Ada pun LPS yang dimaksud Rahadian terbagi ke dalam dua jenis, yaitu Eksternal LPS dan Internal LPS.

Baca Juga: Akibat Korsleting Listrik, Dua Rumah di Bandung Barat Habis Terbakar

Metode yang diterapkan pada eksternal LPS adalah dengan pemasangan air terminal yang berfungsi untuk menangkap petir dan down conductor grounding system yang mampu mengalirkan arus listrik dari sambaran petir dari atas konstruksi ke tanah dengan baik.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemprov Jabar Dorong Petani Kopi Ekspor Tanpa Perantara

Jumat, 23 September 2022 | 19:07 WIB
X