IDI Jabar Serahkan Bintang Jasa Pratama pada Keluarga 17 Dokter yang Wafat Selama Pandemi Covid-19

- Minggu, 12 Juni 2022 | 12:20 WIB
IDI Jabar Serahkan Bintang Jasa Pratama pada Keluarga 17 Dokter yang Wafat Selama Pandemi Covid-19 (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
IDI Jabar Serahkan Bintang Jasa Pratama pada Keluarga 17 Dokter yang Wafat Selama Pandemi Covid-19 (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
 
BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Barat menyerahkan penghargaan Bintang Jasa Pratama dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo kepada perwakilan keluarga 17 Dokter yang meninggal saat bertugas selama pandemi Covid-19.

Ketua IDI Jabar, Dokter Eka Mulyana, S.pOT(K), FICS, S.H, M.Kes, MH.Kes menyebut penyerahan Bintang Jasa Pratama ini bertepatan dengan momentum Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) ke-114 yang bersamaan dengan ulang tahun IDI ke-72 yang acara puncaknya sudah dilaksanakan di Pati, Jawa Tengah minggu lalu.
 
Baca Juga: Awas Penipuan Calo Tiket Persib vs Bali United, yang Asli Hanya di Persib Apps dan Situs Resmi Klub

"Alhamdulillah, sudah kita serahkan penghargaan Bintang Jasa Pratama dari Presiden RI untuk 17 dokter yang wafat di Jabar dan diberikan secara perwakilan ke pihak keluarga oleh bapak Wali Kota Bandung," ujar Eka Mulyana di Taman Saparua, Minggu, 12 Juni 2022.

Eka menjelaskan, jumlah dokter di cakupan nasional yang meninggal saat bertugas selama pandemi mencapai 700-an lebih. Termasuk sekira 150 dokter diantaranya berasal dari Jabar.

"Jadi, mengapa yang diberikan penghargaan baru 17, itu karena sebagian masih terkendala dengan pencatatan dan administrasi di sekretariat negara. Untuk tenaga kesehatan lain jumlah yang meninggal jauh di atas itu," jelasnya.
 
Baca Juga: 2 Cara Beli Tiket Persib vs Bali United di Stadion GBLA, Hanya Tersedia 15.000

"Ini juga sebagai bentuk perhatian pemerintah, termasuk pemerintah pusat untuk tenaga medis, kesehatan dan dokter yang wafat selama pandemi," imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Yana Mulyana selaku perwakilan Pemerintah Daerah yang menyerahkan penghargaan mengucapkan, rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada seluruh dokter dan tenaga kesehatan atas jasa dan usaha menangani Covid-19.

"Sehingga, saat ini kita sudah ada lagi di PPKM level 1. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para dokter, terutama yang kemarin wafat. Semoga amal kebaikannya diterima oleh Allah dan keluarga juga sabar dan ikhlas menerima musibah ini," ujarnya.
 
Baca Juga: Ribuan Emak-Emak Kumpul, Berceloteh Begini tentang Pemilu 2024

Yana juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap melaksanakan prokes ketat meski saat ini kasus Covid-19 di Kota Bandung sudah melandai yang diiringi progres vaksinasi yang sudah melebihi 100 persen untuk dosis satu dan dua.

"Meskipun kita secar teori memasuki fase endemi, tolong protokol kesehatan tetap dilaksanakan dengan ketat, karena pandemi sebetulnya belum berakhir," tandasnya.

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sepeda Listrik Ramah Lingkungan Hadir di ITB

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:51 WIB
X