Polisi Tangkap 3 Pentolan Aksi Konvoi Khilafatul Muslimin di Bandung Barat

- Jumat, 10 Juni 2022 | 19:29 WIB
Polisi Tangkap 3 Pentolan Aksi Konvoi Khilafatul Muslimin di Bandung Barat (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Polisi Tangkap 3 Pentolan Aksi Konvoi Khilafatul Muslimin di Bandung Barat (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak tiga orang pentolan Khilafatul Muslimin ditetapkan sebagai tersangka usai melakukan aksi konvoi di wilayah Bandung Barat, pada Minggu 29 Mei 2022 lalu. 

Ketiganya yakni AE selaku Amir Ummul Quro Khilafatul Muslimin Kota Bandung, S pemimpin Khilafatul Muslimin di Kota Cimahi, serta AS sebagai bendahara. 

"Setelah mengumpulkan alat bukti yang cukup. Pemeriksaan saksi-saksi, pelapor serta terlapor. Kita tingkatkan kasus ini ke arah penyidikan. Kami menetapkan 3 tersangka yang merupakan kepala-kepalanya," kata Kapolres Cimahi AKBP Imron Ermawan saat ditemui di Mapolres Cimahi, Jumat 10 Juni 2022. 

Baca Juga: BSU 2022 Cair Hari Ini? AKHIRNYA Kemnaker beri Pernyataan Resmi Perihal Pencairan BSU BPJS Ketenagakerjaan?

Imron menjelaskan aparat kepolisian telah melakukan serangkaian penggeledahan terhadap kediaman para tersangka dan mengamankan barang bukti berupa atribut, lembaran maklumat khilafah, dan beberapa pamflet. 

Menurut Imron aksi konvoi tersebut bentuk ajakan untuk membuat keonaran karena hendak mendirikan khilafah. Hal itu bertentangan dengan idelogi negara yakni Pancasila. 

"Selebaran atau maklumat tersebut tersirat atau berisi kata-kata ajakan untuk masuk ke dalam kelompok tersebut, Akibat dari Peristiwa tersebut dapat membuat keonaran di kalangan masyarakat," tambahnya. 

Baca Juga: Oppo Reno 7 sampai Harganya, Cek Rekomendasi HP Oppo Terbaru 2022 di Juni

Penetapan tersangka terhadap tiga anggota kelompok ini, kata Imron, dilakukan setelah pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap saksi ahli pidana dan hasilnya memang ditemukan tindak pidana dari kelompok ini.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X