Ridwan Kamil Beberkan Jasad Eril Tetap Utuh Walau 14 Hari Hanyut di Sungai Aare

- Jumat, 10 Juni 2022 | 14:01 WIB
Ridwan Kamil menjelaskan mengapa jasad putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, tetap utuh meski hanyut di Sungai Aare, Swiss. (Potongan layar Instagram)
Ridwan Kamil menjelaskan mengapa jasad putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, tetap utuh meski hanyut di Sungai Aare, Swiss. (Potongan layar Instagram)
CICENDO, AYOBANDUNG.COM — Ridwan Kamil menjelaskan mengapa jasad putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, tetap utuh meski hanyut di Sungai Aare, Swiss, selama 14 hari.
 
Eril sendiri dinyatakan pihak otoritas Swiss sebagai orang hilang setelah tenggelam di Sungai Aare pada Kamis, 26 Mei 2022 waktu setempat.
 
Dan keluarga besar Ridwan Kamil pun menyakini bahwa Eril wafat karena tenggelam. Keputusan ini dinyatakan oleh perwakilan keluarga, Erwin Muniruzzaman pada Jumat, 3 Juni 2022 di Gedung Pakuan.
 
"Penjelasaan ilmiah kenapa jasadnya utuh: Sungai Aare yang sedingin kulkas dan minim fauna, membuat jasadnya terjaga setengah membeku," ujarnya dalam cuplikan Instagram Stories-nya, Jumat, 10 Juni 2022.
 
"Sehingga tetap utuh lengkap walau berada di dasar sungai selama 14 hari," jelasnya melanjutkan.
 
Dan setelah sekitar 14 hari menghilang, jasad pria tak bernyawa dilaporkan ditemukan di bendungan Engehalde, Bern, Swiss, pada Rabu, 8 Juni 2022 sekira pukul 11.50 WIB.
 
 
Jasad tersebut dipastikan Eril setelah pihak kepolisian maritim hingga Kamis, 9 Juni 2022 pukul 13.45 WIB melakukan tes forensik melalui identifikasi dan penelusuran DNA.
 
Kemudian Biro Adpim Setda Pemprov Jabar menginformasikan, jenazah Eril rencananya akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin, 13 Juni 2022.
 
Jenazah Eril sendiri saat ini sedang berada di Swiss dan sudah dilakukan proses penyempuraan atau pemularasaan sesuai dengan syariat Islam.
 
Kepala Biro Admpin Setda Jabar, Wahyu Mijaya mengungkapkan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat ini sedang berada di Swiss bersama jenazah Eril.
 
Sebelumnya orang nomor satu di Jabar itu mengambil cuti kedinasaan sebagai Gubernur terhitung per 9 Juni hingga 19 Juni 2022, atau selama 11 hari.
 
Kemudian Ridwan Kamil beserta jenazah Eril direncakanan akan pulang ke Indonesia pada Sabtu besok, 11 Juni 2022, dan akan tiba di Bandung pada Minggu, 12 Juni 2022.
 
 
Kendati demikian, Wahyu belum bisa menginformasikan lebih lanjut mengenai jadwal penerbangan Ridwan Kamil beserta jenazah Eril dari Swiss, dan jadwal tiba di Indonesia.
 
"Kemudian setelah di Indonesia, kami juga belun bisa memastikan apakah (jenazah Eril) akan disemayamkan terlebih dahulu di Gedung Pakuan atau langsung dimakamkan di Cimaung," ungkapnya.
 
"Karena kita melihat waktu tibanya dulu. Jadi kita lihat perkembangannya di hari besok," ucapnya menambahkan. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X