Usai Digusur, Pemprov Jabar Janji Bangun Kembali Bale Pinton KBB Tahun 2023

- Rabu, 1 Juni 2022 | 19:05 WIB
Usai Digusur, Pemprov Jabar Janji Bangun Kembali Bale Pinton KBB Tahun 2023 (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Usai Digusur, Pemprov Jabar Janji Bangun Kembali Bale Pinton KBB Tahun 2023 (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berjanji bakal membangun kembali Bale Pinton sebagai ruang ekspresi pegiat seni budaya di kawasan Wisata Situ Ciburuy, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Sebelumnya, Bale Pinton sebagai ruang ekspresi seniman dan budayawan di Situ Ciburuy digusur tanpa musyawarah dengan dengan masyarakat. Bangunan itu diratakan untuk disulap jadi lahan parkir, food court, dan tempat wisata selfi.

"Sesuai keinginan budayawan kita akan bangun kembali Bale Pinton. Kami sudah usulkan di DPA tahun 2023," kata Kepala Seksi Sungai danau dan Pantai (Sundawapan) UPTD PSDA WS Citarum pada Dinas Sumber Daya Air Jawa Barat, Agus Iwan Priatman, Rabu 1 Juni 2022.

 Baca Juga: Masuk Bulan Juni, Kapan BSU BPJS Ketenagakerjaan 2022 Cair? Ini Jawaban dari Kemnaker!

Agus menyebut pihaknya terus berkoordinasi dengan pelaku seni-budaya serta pemerintah desa terkait desain baru Bale Pinton. Setelah hal itu selesai, pihaknya bakal melakukan pengukuran bersama untuk mencari lokasi yang pas untuk pembangunan Bale Pinton.

"Kita koordinasi dengan kades terkait desain, meskipun kita juga sudah punya desainnya. Untuk lahan akan dilakukan pengukuran bersama. Saat ini Masih dalam perencanaan dan penyusunan DED," terang Agus.

Dinas Sumber Daya Air Jawa Barat mengakui dalam tahapan revitalisasi Situ Ciburuy pihaknya tak mengakomodasi kepentingan pelaku budaya dan seni. Pembangunan kawasan itu fokus pada penataan kawasan dan mengangkat sedimentasi.

"Intinya yang lalu biar berlalu, memang tidak terakomodir. Kita pukusnya ke revitalisasi, sementara muatan lokal tidak terakomodir. Tapi kita sudah serap aspirasinya," tutur Agus.

 Baca Juga: Oppo Reno 7 sampai Oppo Reno 8, Cek Daftar HP Oppo Terbaru versi Juni 2022

Situ Ciburuy memang tengah bersolek. Pemerintah Provinsi Jawa Barat memasukkan penataan destinasi ini menjadi salah satu dari puluhan proyek strategis yang digagas Ridwan Kamil. Sejak tahun 2019, dana miliar rupiah telah digelontorkan untuk mempercantik kawasan ini.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

17 Rumah di Parongpong KBB Terendam Banjir Bandang

Rabu, 5 Oktober 2022 | 15:58 WIB

289 Orang Daftar Anggota Panwascam di Bandung Barat

Jumat, 30 September 2022 | 17:10 WIB
X