Pemasangan Girder Box dari Kopo ke Tegalluar Rampung, KCJB Yakin Bisa Diuji Coba November

- Rabu, 25 Mei 2022 | 20:30 WIB
Pemasangan Girder Box dari Kopo ke Tegalluar Rampung, KCJB Yakin Bisa Diuji Coba November (Ist)
Pemasangan Girder Box dari Kopo ke Tegalluar Rampung, KCJB Yakin Bisa Diuji Coba November (Ist)
RANCAEKEK, AYOBANDUNG.COM -- PT KCIC telah merampungkan pemasangan girder box dari CY4 di Kopo menuju Stasiun Tegalluar. Dengan rampungnya pemasangan girder box tersebut diyakini Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan bisa diuji coba pada November mendatang.
 
Presiden Direktur KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, rampungnya pemasangan girder box dari CY 4 ke arah Tegalluar tersebut menjadi salah satu hasil percepatan pembangunan yang dilakukan.
 
"Girder box ini menjadi salah stau bagian penting pembangunan KCJB," ujar Dwiyana, Rabu 25 Mei 2022.
 
 
Selama proses pemasangan, ditemukan sejumlah hambatan di lapangan. Salah satunya keberadaan SUTT di beberapa titik terutama daerah Batununggal. Namun hambatan tersebut berhasil diatasi.
 
Proses pemasangan girder box sendiri menggunakan girder launcher tipe  JQS900t serta Girder Transporter dengan tipe YSLL900B, sehingga dalam satu hari bisa menyelesaikan pemasanhan 3 girder box dari 2 arah.
 
"Pemasangan girder box di sepanjang lintasan KCJB sudah ditopang girder launcher dan girder transporter terbaik. Selama ini, teknologi tersebut memiliki peran dalam mempercepat pembangunan konstruksi layang KCJB.
 
 
Selain cepat, teknologi ini juga sangat efisien sehingga aktivitas konstruksi layang KCJB tidak mengganggu aktivitas sekitar," paparnya.
 
Girder box yang dipasang diproduksi di CY 4 dengan kualitas dan standar yang dibutuhkan sebagai lintasan kereta cepat.  Dari segi ketahanan, usia konstruksi KCJB ini dirancang untuk memiliki usia teknis hingga 100 tahun.
 
Untuk produksi girder box di CY 4 sendiri sudah hampir rampung. Dari total 1.007 girder box yang harus diproduksi, 998 di antaranya sudah selesai diproduksi. 958 di antaranya sudah terpasang baik ke arah Tegalluar ataupun arah Jakarta. 
 
 
Setelah merampungkan girder box arah Tegalluar, hal lain yang kini menjadi fokus adalah pemasangan girder box arah Jakarta. Dwiyana menyebut pihaknya akan melakukan upaya semaksimal mungkin agar proses pemasangan girder box bisa selesai sesuai target. 
 
"Kami terus genjot pembangunan di semua lini konstruksi. Termasuk produksi dan pemasangan girder box. Tentu saja harapan kami November 2022, Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah bisa diuji coba sesuai dengan arahan presiden," tutupnya.
 

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X