Bale Pinton Digusur, Pemprov Jabar Minta Seniman KBB Cari Alternatif Tempat Latihan

- Rabu, 25 Mei 2022 | 18:26 WIB
Bale Pinton Digusur, Pemprov Jabar Minta Seniman KBB Cari Alternatif Tempat Latihan (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Bale Pinton Digusur, Pemprov Jabar Minta Seniman KBB Cari Alternatif Tempat Latihan (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta para seniman dan budayawan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mencapai alternatif ruang latihan sementara pasca Bale Pinton digusur proyek revitalisasi Situ Ciburuy.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat Benny Bachtiar mengatakan selama proses revitalisasi ini seniman dan budayawan diminta untuk bersabar. Sebab, Pemprov Jabar sudah menyiapkan lahan dan merancang desain untuk ruang seni dan ruang pertunjukkan yang bisa digunakan di kawasan Situ Ciburuy.

Sementara ini, Benny membolehkan para seniman dan budayawan menggunakan satu dari puluhan balai yang rampung dibangun di bibir danau.

 Baca Juga: Update Info Gaji ke 13 PNS 2022 dan Pensiunan, Cair Ditanggal Ini?

"Saya menanyakan ada tidak area yang bisa dimanfaatkan, menurut sumber daya air, bahwa disitu ada 30 bale-bale yang kalau untuk latihan bisa dipakai salah satunya. Dan ada juga area terbuka yang bisa dipakai untuk pertunjukan," papar Benny, Rabu 25 Mei 2022.

Diketahui, penggusuran Bale Pinton dikutuk keras pelaku seni budaya. Pasalnya, tempat itu satu-satunya ruang berkreasi bagi para seniman dan budayawan KBB. Selain kehilangan ruang pentas, Meraka saat ini tak punya tempat latihan rutin.

Bahkan, para seniman dan budayawan ini menilai proyek revitalisasi tersebut hanya mementingkan estetika dan mengabaikan nilai budaya dan kearifan lokal di wilayah Situ Ciburuy.

 Baca Juga: Oppo Reno 7 sampai Oppo Reno 8, Ini 17 HP Oppo Terbaru versi Mei 2022

Terkait itu, Benny Bachtiar mengatakan, proyek revitalisasi Situ Ciburuy ini belum sepenuhnya selesai. Dirinya sedang melakukan kajian terlebih dahulu terkait bagaimana rancangan bangunan Bale Pinton secara rinci dengan menyusun detail engineering design (DED).

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X