Budaya Pemberian Hadiah saat Naik Kelas, Disdik Kota Bandung Sebut Termasuk Gratifikasi

- Rabu, 25 Mei 2022 | 14:17 WIB
Disdik Kota Bandung meminta orang tua siswa tidak memberikan hadiah kepada wali kelas murid di saat pergantian atau perpisahan kelas. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Disdik Kota Bandung meminta orang tua siswa tidak memberikan hadiah kepada wali kelas murid di saat pergantian atau perpisahan kelas. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung Hikmat Ginanjar meminta orang tua siswa tidak memberikan "hadiah" kepada wali kelas murid di saat pergantian atau perpisahan kelas. 
 
Menurutnya, hal itu tidak diperkenankan mengingat status guru adalah aparatur sipil negara (ASN) yang jelas-jelas tidak diperkenankan menerima "hadiah" dalam bentuk apa pun dari orang tua siswa
 
"Kalau kita mengacu kepada ASN, itu tidak diperkenankan menerima pemberian, istilahnya gratifikasi. Maka Disdik mengimbau kepada masyarakat bisa paham untuk tidak melakukan itu," kata Hikmat di Balai Kota Bandung, Rabu, 25 Mei 2022.
 
Selain itu, ia menegaskan bahwa "hadiah" yang diberikan orang tua siswa tidak dibenarkan sekalipun hal tersebut muncul dari ide atau gagasan orang tua siswa dengan didasari keikhlasan. 
 
 
Selain kepada orang tua siswa, Hikmat juga mewanti kepada seluruh tenaga pendidik di Kota Bandung tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apa pun. Karena hal itu hanya akan menjadi sebuah persoalan. 
 
"Istilahnya kan untuk kenang-kenangan di saat pergantian atau kenaikan kelas. Nah, di sana seperti ada sebuah budaya untuk memberikan kadeudeuh istilah Sundanya. Nah, itu kita imbau kepada masyarakat tidak melakukan itu," jelasnya. 
 
 
Jika dirinci, larangan tersebut merujuk pada  UU No. 20 tahun 2001, dijelaskan pasal 12b ayat 1, gratifikasi adalah pemberian dalam arti luas, yakni meliputi pemberian uang, barang rabat (diskon), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya. [*]
 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X