Kuota Haji Dibatasi, Bandung Barat Berangkatkan 516 Jemaah

- Selasa, 24 Mei 2022 | 15:44 WIB
Ilustrasi Mekah | Kebijakan pembatasan jumlah jamaah haji oleh pemerintah Arab Saudi membuat kuota jamaah asal Bandung Barat ikut turun tahun ini.  (Pixabay/GLady)
Ilustrasi Mekah | Kebijakan pembatasan jumlah jamaah haji oleh pemerintah Arab Saudi membuat kuota jamaah asal Bandung Barat ikut turun tahun ini. (Pixabay/GLady)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM  -- Kebijakan pembatasan jumlah jamaah haji oleh pemerintah Arab Saudi membuat kuota jamaah asal Bandung Barat ikut turun tahun ini. 

Jumlah kuota normal jamaah haji dari Bandung Barat sekitar 1.112 orang. Adanya pembatasan, mengakibatkan kuota jamaah tahun ini hanya 516 orang. 

"Untuk KBB sendiri saat ini hanya mendapat kuota haji sebesar 516 orang dan untuk terakhir pelunasan biayanya jatuh pada 20 Mei 2022 kemarin," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag KBB, Didin Saepudin, Selasa, 24 Mei 2022.

Diketahui, Pemerintah Arab Saudi melarang orang di atas 65 tahun melakukan haji. Selain usia jemaah berisiko tinggi, dikategorikan orang memiliki penyakit parah seperti kanker aktif atau gangguan organ, juga akan dibatasi untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan haji.

"Itu ketentuan dari Saudi yang tidak bisa ditolak oleh kita. Kita mengikuti aturan Saudi, karena pelaksanaan ibadah haji kan di sana," beber Didin.

Baca Juga: Ciro Alves dan David da Silva Segera Latihan dengan Persib?

Kemenag Bandung Barat saat ini tengah melakukan berbagai persiapan terkait dengan rencana keberangkatan jamaah haji dari KBB.

"Kita sekarang terus berjalan seperti plotting paspor pendataan vaksinasi 1 dan 2 lantaran jamaah dianjurkan vaksin booster, termasuk meningitis," tambahnya. 

Sementara itu, bagi jamaah haji yang berusia di atas 65 namun sudah terdaftar mudah-mudahan tahun depan bisa melaksanakan haji.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X