ISEI Bandung Dorong Pemulihan Ekonomi Jawa Barat melalui Kajian dan Kegiatan Ilmiah

- Senin, 23 Mei 2022 | 15:58 WIB
ISEI Cabang Bandung Koordinator Jabar bertekad mendorong pemilihan ekonomi Jawa Barat setelah pandemi Covid-19. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)
ISEI Cabang Bandung Koordinator Jabar bertekad mendorong pemilihan ekonomi Jawa Barat setelah pandemi Covid-19. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)
CIBEUNYING KALER, AYOBANDUNG.COM — ISEI Cabang Bandung Koordinator Jabar bertekad mendorong pemilihan ekonomi Jawa Barat setelah pandemi Covid-19, melalui kolaborasi dengan pemangku kepentingan dalam melakukan kajian dan kegiatan ilmiah.
 
Ketua ISEI Cabang Bandung Koordinator Jabar, Martha Fani Cahyandito mengatakan, pasca pandemi Covid-19 merupakan momentum yang tepat untuk memulihkan ekonomi Jawa Barat setelah hampir dua tahun lamanya terpuruk.
 
Untuk itu, pihaknya siap menjadi mitra pemerintah dalam melanjutkan dan meningkatkan kerjasama yang telah terjalin guna memulihkan ekonomi daerah.
 
ISEI Bandung akan mendukung perumusan kebijakan ekonomi daerah, pengembangan kualitas akademis, riset dan profesionalisme, serta peningkatan kerja sama di tingkat daerah, nasional, dan bahkan internasional.
 
"Kami siap memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan ekonomi Jawa Barat dengan didukung penguatan sinergi bersama pengampu kebijakan di Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk mencapai daya saing nasional dan internasional," kata Fani dalam acara Halal Bi Halal dan Pemaparan Program Kerja pengurus ISEI Cabang Bandung, Senin, 23 Mei 2022.
 
 
Menurutnya, sinergitas dengan stakeholder terkait punya arti penting untuk mewujudkan pencapaian target pembangunan ekonomi Jawa Barat dalam mewujudkan masyarakat sejahtera.
 
Selain dengan pemerintah, lanjut Fani, ISEI Bandung juga telah menjalin sinergi dengan beberapa instansi seperti West Java Economic Society dengan Bank Indonesia, serta TNP2K dengan OJK.
 
ISEI Bandung akan menggerakkan dan memperkuat peran serta berpartisipasi aktif komisariat-komisariat yang tersebar di Jawa Barat untuk menjalin kerjasama dengan pemangku kepentingan mulai dari Pemerintah Daerah, BI, BUMN, BUMD, Perbankan, OJK, KADIN, Kementerian, BPS, dan lainnya di masing-masing Kab/Kota untuk turut serta meningkatkan ekonomi lokal, koperasi, dan UMKM.
 
"Kami akan mengaktifkan serta meningkatkan jumlah komisariat ke Kabupaten/Kota baik dari perguruan tinggi, pemerintahan, BUMN, BUMD dan lainnya agar peran ISEI Cabang Bandung lebih dapat dirasakan keberadaannya di tingkat Kabupaten/Kota di Jawa Barat," kata Fani.
 
Sementara di bidang akademi, ISEI Bandung akan melakukan seminar, pelatihan, konferensi nasional/internasional secara rutin guna peningkatan Tridharma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah pelatihan penulisan Jurnal Nasional Terakreditasi/Internasional bereputasi/Scopus.
 
 
Bukan hanya itu, ISEI Bandung juga bakal mengaktifkan kembali Jurnal-jurnal ISEI Bandung dan meningkatkan akreditasi/kualitasnya (Sinta) sebagai muara dari penelitian dosen, mahasiswa, dan praktisi di Jabar.
 
"ISEI Bandung siap sebagai sumber informasi dan forum diskusi terkait Akreditasi Program Studi di LAMEMBA untuk meningkatkan kualitas Prodi-prodi menjadi lebih baik," tutup Fani. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X