Tertutup Eceng Gondok, Aktivitas Nelayan di Cicangkang Hilir KBB Lumpuh

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 19:30 WIB
Tertutup Eceng Gondok, Aktivitas Nelayan di Cicangkang Hilir KBB Lumpuh (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Tertutup Eceng Gondok, Aktivitas Nelayan di Cicangkang Hilir KBB Lumpuh (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

 

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Aktivitas nelayan perairan Waduk Saguling tepatnya di perairan blok Kampung Bojong Sempur, Desa Cicangkang Hilir, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) lumpuh total akibat sergapan tanaman hama eceng gondok.

Luas perairan yang tertutup tanaman eceng gondok sekitar 10 hektare. Aktivitas di kawasan itu tak bisa dipakai lagi untuk mobilitas serta menangkap ikan. Ironisnya, kejadian itu bukan baru terjadi. Melainkan telah berlangsung sejak tahun 2015. 

"Sudah sejak tahun 2015 eceng gondok menutupi perairan. Makin hari makin meluas. Saya gak bisa lagi tangkap ikan di sini," papar Ade (45) salah seorang nelayan saat ditemui, Sabtu 21 Mei 2022.

Baca Juga: Info Terkini Kapan BSU 2022 Cair? Ini Jawaban Resmi dari Kemnaker

Akibat kondisi itu, Ade kehilangan mata pencaharian menangkap ikan setiap hari. Kalau pun menangkap ikan, tak dilakukan tiap hari karena jarak perairan bebas eceng gondok jauh dari tempat tinggalnya, sehingga membutuhkan ongkos lebih besar. 

"Kalau mau mancing atau menjala lokasinya jauh. Perlu bekal besar," terang Ade. 

Baca Juga: 11 Samsung Terbaru Mei 2022, Samsung A52 sampai Samsung A53 Update Harga

Selain berdampak pada aktivitas nelayan, serbuan eceng gondok menghambat mobilitas warga dua kampung yang biasa pergi sekolah dan kepasar menggunakan perahu. Supaya perahu bisa lewat, warga memberi pembatas tambang di dua sisi agar jalurnya tak tertutup eceng gondok

"Kampung Bojong Sempur warganya kalau mau ke desa, pasar, dan sekolah pakai perahu. Jadi ditahan pakai tambang agar tak tertutup jalurnya," terang Ade. 

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X